10 Tips dan Cara menjadi Keluarga Sakinah

10 Tips dan Cara menjadi Keluarga Sakinah

Tren.Co.Id – Pasti anda telah sering mendengar keluarga sakinah ya? Sebenarnya apasih keluarga sakinah itu? Bagaimana Tips dan Cara Keluarga Sakinah ? Menurut ajaran Islam, keluarga sakinah atau harmonis adalah keluarga yang merasakan cinta, kasih sayang, ketentraman, kenyamanan, kebahagia, keberkahan, dihargai, dipercaya dan dirahmati oleh Allah SWT.

Sedangkan Sakinah dalam bahasa arab berarti tenang, terhormat, aman, merasa dilindungi, penuh kasih sayang, mantap dan memperoleh pembelaan.

Bagaimanasih 10 Cara Menjadi Keluarga Sakinah?

  1. Percaya dan yakinkan niatmu untuk menjadikan keluargamu menuju keluarga sakinah. Karena suatu hal tak akan pernah tercapai tanpa adanya tujuan pasti.
  2. Dekatkan diri anda kepada Sang Pencipta Yang Maha Kuasa ALLAH SWT. Hanya karena kehendakNYA lah kita bisa mencapai keluarga sakinah.
  3. Bangunlah keluarga dengan dasar Alquran dan sunnah Nabi. Karena keluarga sakinah hanya muncul pada keluarga yang berlandaskan taqwa yang berpandu pada Alquran dan hadist serta sunnah Nabi. Sehingga mampu berdiri pada keimanan yang kokoh untuk menjalankan misi ibadah dalam kehidupan.
  4. Pupuklah rasa kasih sayang dalam keluarga tanpa henti. Karena perasaan kasih sayanglah pengikat keutuhan rumah tangga.
  5. Memilih pasangan yang tepat dan terus bersyukur. Pasangan yang tepat disini berarti pasangan yang cocok, terutama yang berakhlaq mulia dan memiliki misi dalam membangun rumah tangga yang sakinah.
  6. Lakukan kewajiban dan hak sebagai suami, istri bahkan orang tua dan anak dengan baik. Hal itu berguna dalam menjaga keharmonisan dan ketentraman dalam rumah tangga anda.
  7. Kompaklah dalam mendidik anak-anak. Sehingga dapat tercetak sebagai anak yang berakhlaq mulia dan mampu eneruskan sebagai generasi yang unggul dalam peradaban agama, keluarga,nusa dan bangsa.
  8. Tetaplah jaga silaturahmi dalam kehidupan. Baik, itu silaturahmi akan keluarga besar, tetangga, organisasi dan orang-orang disekitar kita. Jauhkan diri dan keluarga dari sifat-sifat sombong atau sifat buruk lainnya, tebarkanlah kebahagiaan dimanapun anda berada.
  9. Selesaikan masalah yang muncul dengan baik. Berusahalah untuk bersabar, mengerti dan mau mendengarkan. Kurangi keegoisan dan emosional anda demi terwujudnya keutuhan rumah tangga anda yang harmonis.
  10. Lakukan semua itu dengan baik dan terus berdoa untuk dimudahkan dalam pencapaiannya. Karena selain ikhtiar, anda pun perlu memohon dengan doa.

Semoga dengan kesepuluh tips dan cara menjadi keluarga sakinah diatas, mampu membantu anda dalam mewujudkan keluarga yang sakinah menurut ajaran islam. Go go go You Can !

cara membangun keluarga, tips keluarga sakinah