11 Ramuan Obat Panas Dalam Anak Berkhasiat Manjur

11 Ramuan Obat Panas Dalam Anak Berkhasiat Manjur

Anak-anak di usia 2 hingga 4 tahun mengalami masa pertumbuhan yang sangat pesat. Pada usia ini, anak-anak membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan terkontrol. Kekurangan nutrisi bisa menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah dan salah satu jenis penyakit yang rentan muncul adalah panas dalam. Obat panas dalam untuk anak sebenarnya bisa Anda buat secara alami, tak harus ke dokter. Makanan juga bisa menjadi obat terbaik yang bisa mengembalikan kesehatan anak.

Panas dalam menyerang organ mulut, tenggorokan serta organ pencernaan lainnya. Biasanya ditandai dengan bibir kering dan pecah-pecah, badan lemas, dehidrasi dan sebagainya. Pada anak-anak kondisi ini tentu saja akan membuat anak menjadi rewel dan menangis. Sakit tenggorokan hingga sariawan biasanya juga disebabkan oleh kondisi panas dalam.

Obat Panas Dalam Anak dari Bahan-Bahan Alami

Jika anak mengalami panas dalam, jangan terburu-buru membeli obat panas dalam di apotek karena Anda bisa menyediakan sendiri obat panas dalam untuk anak secara alami yang ada di sekitar kita. Berikut ini diantaranya:

1. Jus buah

Jus buah yang dianjurkan untuk anak yang sedang mengalami panas dalam adalah jus buah yang kaya dengan vitamin C. Seperti misalnya jus jeruk, jus apel, jus belimbing, jus nenas dan pepaya. Jenis buah ini ada banyak di sekitar kita dan biasanya juga disukai anak-anak. Beri mereka jus murni dengan tambahan sedikit madu.

2. Air kelapa

Air kelapa mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tumbuh untuk mengembalikan daya tahan tubuh. Selain itu air kelapa juga terasa segar dan lezat, anak-anak akan mudah menyukainya. Untuk rasa manis yang lebih menarik anak, tambahkan beberapa sendok madu ke dalam air kelapa lalu jadikan sebagai minuman segar di siang hari. Gunakan air kelapa murni tanpa es batu.

3. Kacang hijau

Kacang hijau menjadi makanan yang mudah disukai anak. Rebuslah kacang hijau menggunakan sedikit jahe dan gula batu, lalu setelah masak saring airnya. Jadikan sebagai minuman rutin anak Anda yang sedang mengalami panas dalam. Air kacang hijau terasa segar dan enak bagi anak-anak.

4. Makan sayur dan buah

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Bila anak Anda penyuka sayur, maka perbanyak lah konsumsi aneka sayur dalam sup misalnya atau sayur bening berkuah dengan paduan aneka sayur. Buah juga bisa dimakan langsung atau diolah menjadi jus murni yang segar.

5. Ampas teh celup

Selain menggunakan obat dalam, panas dalam khususnya sariawan juga bisa dibantu pengobatannya dengan menggunakan obat luar. Gunakan ampas teh celup telah dingin. Letakkan ampas tersebut pada bagian yang mengalami luka dan sakit. Diamkan selama beberapa menit. Teh memiliki khasiat mengurangi masalah peradangan dan melawan rasa nyeri pada kulit.

6. Madu

Panas dalam pada anak juga bisa diatasi dengan madu. Baik madu murni maupun madu anak-anak yang ada di pasaran yang komposisinya sudah dicampurkan dengan bahan lainnya. Madu memiliki efek anti inflamasi, anti bakteri dan rasanya enak. Panas dalam yang menyebabkan luka pada mulut akan mengganggu anak sehingga anak akan rewel dan sulit makan.

Madu menjadi salah satu obat yang cocok untuk anak karena cukup hanya dengan diminumkan saja. Untuk madu murni bisa dicampur dengan air dingin dan madu  anak yang ada di pasaran bisa langsung diminumkan saja. Madu mengandung vitamin C yang tinggi, membantu masalah-masalah panas dalam yang dirasakan oleh mulut.

8. Kompres sariawan

Panas dalam yang terjadi di mulut juga bisa diredakan dengan kompres menggunakan es batu. Ambil butiran es batu lalu bungkus dengan kain yang steril. Selanjutnya tempelkan pada luka sariawan yang ada di mulut anak. Cara ini biasanya akan lebih sulit karena anak merasa terganggu dengan cara pengobatan ini. Ditambah lagi rasa sakit yang juga tak langsung sembuh.

9. Telur ayam kampung

Untuk anak-anak yang mengalami panas dalam, bisa diberikan makanan tambahan telur ayam kampung untuk mempercepat penyembuhan. Telur ayam kampung mengandung vitamin E, lemak omega 3 serta asam amino yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

10. Kumur-kumur dengan air garam

Untuk anak yang sudah bisa menahan rasa asin, bisa diberikan obat air garam untuk menyembuhkan sariawan penyebab panas dalam. Larutkan satu sendok makan garam ke dalam air lalu jadikan sebagai cairan kumur-kumur di mulut. Rasa asin pada garam akan membantu mengusir jamur atau bakteri yang menyebabkan terjadinya sariawan pada anak.

11. Minum air putih yang banyak

Anjurkan anak Anda untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak jika sedang terjadi panas dalam. Air akan membantu menyeimbangkan suhu tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh. Dehidrasi yang terjadi juga harus diatasi dengan mengkonsumsi banyak cairan ke dalam tubuh.

Nah begitulah artikel kia mengenai 11 Ramuan Obat Panas Dalam Anak Berkhasiat Manjur, semoga bermanfaat untuk kita semua