11 Tanda Tubuh Terserang Penyakit HIV

11 Tanda Tubuh Terserang Penyakit HIV

Penyakit HIV adalah salah satu jenis penyakit yang menular dan sangat berbahaya. Penyakit ini juga tergolong penyakit mematikan yang dapat merenggut nyawa. Awalnya penderita tidak sadar bahwa dirinya terserang HIV sebab gejala penyakit ini baru terasa 1 sampai 2 bulan setelah tubuh terinfeksi HIV.

Jika tubuh mengalami HIV maka harus segera mendapatkan penanganan medis agar tidak menjalar ke seluruh organ tubuh. Penularan penyakit ini ialah terjadi karena saat berhubungan badan atau penggunaan jarum suntik atau tranfusi darah. Jika selama ini anda belum mengetahui bagaimana tanda tubuh terserang penyakit HIV, maka di kesempatan kali ini akan kami berikan informasinya.

Tanda Tubuh Terserang Penyakit HIV

Penderita HIV akan mengalami beberapa tanda yaitu mual, muntah dan diare sehingga akan membuat penderita mengalami dehidrasi dan penurunan imun.

Penderita juga akan mengalami gejala dimana batuk kering berkepanjangan dak tidak kunjung sembuh. Hal ini dikarenakan organ paru-paru telah mengalami kerusakan yang kronis.

Demam ringan serta kelelahan juga menjadi tanda selanjutnya bahwa tubuh terserang HIV. Hal ini dikarenakan adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening dan sakit tenggorokan. Inilah yang membuat virus menyebar ke seluruh tubuh.

Penurunan berat badan secara drastis juga kerap dirasakan oleh pengidap diabetes. Hal ini karena virus menyerang dan menggerogoti seluruh tubuh.

  1. Nyeri otot dan persendian

Gejala ini hampir menyerupai gejala penyakit flu, sifilis atau hepatitis. Jadi, jika anda mengalami gejala ini jangan pikir ini penyakit biasa sebab bisa jadi ini tanda bahwa tubuh terserang penyakit berbahaya.

Penderita penyakit HIV juga akan merasakan sakit kepala hebat dan lama. Pastikan sakit kepala anda tersebut dengan melakukan pengecekan ke laboratorium. Nantinya dokter akan tahu apa penyebab sakit kepala berkepanjangan tersebut.

Penderita virus HIV sudah pasti akan mengalami perubahan warna kuku sehingga terlihat lebih gelap dan kehitaman serta bentuknya akan melengkung serta menebal. Kemudian akan adanya garis cokelat vertikal atau horizontal di bagian permukaan kuku.

Seseorang yang terserang virus HIV akan mengalami infeksi mulut dan jika dibiarkan akan mengakibatkan peradangan dan nanah sehingga disebut juga dengan herpes.

Pada tahap yang parah penderita akan mengalami gejala herpes dimana muncul tanda-tanda di alat kelamin, mulut dan dubur.

Ruam adalah awal munculnya gejala bahwa tubuh terinfeksi HIV. Biasanya ruam disertai bisul atau bintik-bintik merah dan rasa gatal yang sangat hebat.

Gejala awal selanjutnya ialah tubuh sering berkeringat terutama di malam hari padahal tidak melakukan aktivitas apapun.

Itulah 11 tanda tubuh terserang penyakit HIV. Semoga bermanfaat.

penyakit HIV, Tanda penyakit HIV