5 Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami Yang Wajib Kalian Pasang

Aplikasi Pendeteksi Gempa - Gempa bumi merupakan sebuah bencana alam yang sering kali terjadi di negara Indonesia. Seperti yang baru saja terjadi di Palu dan Donggala, sulawesi Tengah pada tanggal 28, September 2018 dengan kekuatan 7,4 Magnetudo disertai dengan Tsunami, kejadian gempa dan Tsunami tersebut menelan ribuan korban jiwa.


Sebagai negara yang sangat rawan sekali dengan bencana alam, ada baiknya kita harus lebih hati-hati dan selalu waspada. kejadian seperti ini bukanlah yang pertama atau juga kedua, negara Indonesia sering diguncang gempa juga bencana alam seperti letusan gunung berapi. Indonesia tepat berada di Ring Of Fire atau disebut juga Cincin Api Pasifik, maka dari itu Indonesia berada pada area gempa teraktif di dunia dan juga berada di tiga tumbukan lempeng benua yaitu Indo Australia, Pasifik dan Eurasia.

Tidak dipungkiri lagi, sangat sulit sekali memprediksi kapan bencana alam terjadi seperti gempa di lombok, palu dan donggala. Sampai saat ini saja, belum ada penelitian yang bisa memprediksi kapan bencana alam terjadi.

Akan tetapi ada beberapa aplikasi yang bisa membantu kalian memberikan informasi yang sangat penting juga aktual ketika bencana terjadi. Dengan menginstal aplikasi Pendeteksi Gempa di ponsel pintar bisa membantu kalian mendapatkan informasi tentang lokasi bencana alam dan gempa terjadi.

5 Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Bencana Alam

Kali ini Teknokompas.com akan memberikan beberapa deretan aplikasi untuk deteksi gempa yang bisa kalian download gratis di Google Play Store dan App Store.

1. Info BMKG
Aplikasi Info BMKG merupakan sebuah aplikasi resmi yang dirilis oleh BMKG. Ada beragam fitur yang diberikan seperti pemberitahuan gemba bumi, ramalan cuaca juga informasi yang akurat seputar BMKG.


Para pengguna juga bisa mendapatkan berita tentang peringatan cuaca sesuai lokasi. Sedangkan untuk gemba bumi, hanya mampu mendeteksi dengan kekuatan 5 skala richter saja yang akan muncul sebagai pemberitahuan, lengkap dengan jarak dari lokasi pengguna.

Aplikasi Info BMKG bisa kalian download secara gratis di Google Play Store dan iThunes. Supaya mendapatkan informsi yang akurat, kalian diharapkan setting aplikasi ini ke Mode High Accuracy.

2.Disaster Alert
Aplikasi deteksi gempa kedua yaitu Disaster Alert, aplikasi ini dirilis oleh Pasific Disaster Centre (PDC) di negara Hawaii. Dengan aplikasi ini kalian bisa mendapatkan beragam informasi yang akurat tentang lokasi bencana alam terjadi seperti Banjir, kebakaran hutan, gempa bumi, gunung meletus, longsor, badai dan tsunami.


Bukan hanya itu saja, bahkan aplikasi ini mampu melacak penyebaran wabah virus. Dengan dukungan platform DisasterAWARE dari PDC, maka aplikasi Disaster Alert akan memberikan informasi berdasarkan GPS.

Para pengguna juga bisa mengetahui informasi secara akurat dimana lokasi yang sangat berbahaya. Aplikasi ini bisa di unduh secara gratis di Google Play Store juga iThunes.

3. QuakeAlert
Untuk aplikasi pendeksi gempa yang ketiga yaitu QuakeAlert, aplikasi ini sebenarnya dalam tahap uji coba di negara Amerika atau masih Beta yang dirilis oleh Early Warning Labs jadi belum bisa diunduh.


Aplikasi QuakeAlert mampu bisa memberikan informasi gempa yang akan terjadi. Ketika sensor sudah mendeteksi sebuah gelombang getaran, maka data tersebut akan ditransmisikan ke badan geologi di Amerika USGS untuk mendeteksi lokasi gempa dengan kekuatan seberapa besar kekuatanya.

Maka Server Early Warning Labs akan menghitung disetiap peringatan untuk semua pengguna yang telah disesuaikan dengan personalisasi waktu goncangan juga intensitas. Ketika pemberitahuan muncul, maka akan memberikan informasi detail gempa juga memberikan petunjuk untuk keselamatan yang bisa dilakuakan.

4. QuakeFeed
Sayangnya aplikasi ini hanya untuk pengguna iOS seperti iPad dan iPhone. Semoga untuk Android semoga cepat dirilis, seperti namanya aplikasi ini ditujukan untuk memberikan informasi tentang gempa yang terajdi.


Sangat disayangkan aplikasi ini hanya mampu mendeteksi gempa berkekuatan 1,0 skala richter dinegara Amerika Serikat dan 4,5 skala richter untuk negara lain. Ketika menggunakan aplikasi ini, kalian akan diberikan informasi yang sedang terjadi pada peta Ring Of Fire atau peta cicncin api.

Para pengguna aplikasi ini bisa melacak deretan gempa yang sudah terjadi dan bisa memperbesar peta ring of fire untuk mengetahui dimana lokasi bencana itu terjadi. Aplikasi QuakeFeed akan memberikan notifikasi bencana gempa yang terjadi di lokasi sekitar pengguna juga memberikan informasi tentang seputar bencana gempa yang sedang berlangsung dinegara lain.

Dengan demikian, jika kalian mempunyai sanak saudara yang sedang dilokasi bencana, maka pengguna bisa langsung mengetahui dan bisa menghubungi mereka. Bukan hanya itu saja kalian juga bisa memasang tanda bahaya bencana alam pada aplikasi QuakeFeed dengan skala tertentu.

Jadi kalian tidak perlu hawatir akan terkecoh dengan skala gempa kecil. Aplikasi ini bisa kalian unduh di Apps Store.

5. Safety Tips
Untuk aplikasi deteksi gempa yang terahir yaitu Safety Tips, aplikasi ini dirancang khusus bagi para turis yang dirilis oleh lembaga peristiwa jepang atau Japan Tourism Agency/JTA.


Seperti halnya negara Indonesia, negara Jepang juga sangat rentan sekali terhadap bencana alam seperti gempa juga Tsunami. Dengan aplikasi Safety Tips para pelacong yang ke Jepang akan lebih gampang mendapatkan informasi seputar bencana alam, seperti gunung meletus, gempa, tsunami dan prakiraan cuaca yang akurat.

Aplikasi Safety Tips akan memberikan informasi sesuai lokasi pengguna tentang bencana alam yang sedang terjadi disekitar, dan para pengguna juga bisa mengetahui lokasi gempa yang ada diluar daerah dengan cara mengaturnya.

Karena aplikasi ini dikhususkan untuk para turis, maka aplikasi pendeteksi gempa Safety Tips hanya memiliki tiga bahasa yaitu Jepang, Inggris, Korea dan Mandarin.

Sekian informasi yang bisa kami berikan untuk kalian tentang Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami, semoga ulasan ini bisa berguna untuk kalian semua, jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial. Terimakasih

0 Response to "5 Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami Yang Wajib Kalian Pasang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel