Smartphone Dengan RAM Besar Belum Pasti Lega

Teknokompas.com - Smartphone kini memang menjadi suatu perangkat yang sangat multifungsi, terlebih pada suasana lebaran seperti sekarang ini, sebuah ponsel pintar tak hanya menjadi suatu alat untuk berkomunikasi dengan saudara dan keluarga, akan tetapi smartphone kini juga berfungsi untuk menjalankan bermacam aplikasi yang lain, misalnya saja seperti browsing, foto dan menjalankan berbagai media dan jejaring sosial. Maka dari itu, merupakan sebuah kelaziman jika di masa sekarang ini tak sedikit ponsel pintar yang mengusung RAM dengan kapasitas yang besar.


Sebagian besar masyarakat tentu akan menganggap bahwa kapasitas RAM yang digunakan lebih besar maka pengguna akan bisa semakin lancar dalam menjalankan aplikasi. Anggapan tersebut tidaklah salah, akan tetapi manajemen RAM di sebuah sistem operasi atau OS Android merupakan hal yang sangat penting dan yang paling berpengaruh terhadap optimalisasi kinerja smartphone. Sistem operasi yang disematkan dalam ponsel pintar akan memakan tak sedikit kapasitas RAM yang ada. Suatu kinerja RAM yang berkaitan dengan dukungan sistem operasi maupun psosesor yang optimal, maka bisa jadi smartphone dengan kapasitas RAM 3 GB justru akan menyisakan ruang yang lebih lega dibandingkan dengan kapasitas RAM 4 GB.

Hal tersebut dapat dilihat pada smartphone OPPO R7 yang diklaim mampu dioperasikan dengan lebih cepat meskipun hanya mengusung kapasitas RAM 3 GB, hal tersebut lantaran smartphone ini telah memboyong sistem operasi ColorOS dengan versi yang teranyar yaitu versi 2.1. sistem operasi ini tak hanya mengusung fitur-fitur teranyar serta optimalisasi RAM yang jauh lebih stabil dan juga hemat, namun sistem operasi ini juga mengusung peningkatan pesat dari pada versi yang sebelumnya yang terletak pada kompresi RAM yang jauh lebih baik.

Sistem operasi ColorOS 2.1 ini dirancang menggunakan tampilan UI yang jauh lebih ringan yang akan jauh lebih cepat dalam pengoperasiannya. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap penggunaan RAM yang jauh lebih kecil sekitar 30% jika dibandingkan dengan penggunaan RAM pada sistem operasi sebelumnya. Kompresi RAM juga akan mempengaruhi kinerja pada smartphone.

0 Response to "Smartphone Dengan RAM Besar Belum Pasti Lega"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel