Penyebab Warna tv dominan Hijau Dan Cara Memperbaikinya

Banyak sekali permasalahan pada televisi seperti Warna Tv Dominan Hijau, hal seprti ini sering banget terjadi. Permasalhan seperti itu karena banyak faktor seperti komponen yang kaitannya dengan warna maka pesawat televisi mengalami kerusakan. Hal ini sama saja dengan warna televisi merah untuk memperbaikinya tidak jauh berbeda.


Untuk cara memperbaiki televisi warna dominan hijau atau merah, kamu harus mengathui dulu komponen mana yang berkaitan dengan kerusakan tersebut seperti IC Croma, Komponen RGB lalu tabung Tv. Sebelum kamu membeli sparepart bahan - bahan yang tadi, ada baiknya kamu memeriksa terlebih dahulu atau menyolder kembali bagian komponen yang telah kami sebutkan di atas. Setelah itu kamu harus mengukur tegangan pada masing - masing komponen katoda secara satu per satu.

Cara Memperbaiki Warna tv dominan Hijau dan Merah Semua Merek

Step pertama yang harus kamu lakukan ialah menyolder kembali komponen yang tadi, karena solderan yang kurang baik akan menyebabkan televisi menjadi tidak normal. Banyak diantara para teknisi Tv yang sudah melakukan trik ini dan telah berhasil.

Baca Juga: Kumpulan Data Persamaan Flyback TV Terlengkap Semua Merk

Jika telah selesai melakukan penyolderan, silahkan kamu mengukur tegangan pada setiap komponen katoda. Ketika kamu melakukan pengukuran tegangan, jika menemukan tegangan yang kurang dari normal seperti 125 V dan hanya di dapat 50 V saja.

Untuk memperbaikinya silahkan kamu ukur kembali satu per satu komponen mesin RGB khususnya rasistor yang memiliki jalur dengan katoda dengan tegangan yang kurang. Komponen yang satu ini sering sekali mengalami rusak an mengakibatkan Warna televisi menjadi dominan hijau atau merah.

Cara Memperbaiki Layar TV berwarna Hijau

Jika trik di atas masih belum mendapat perubahan pada televisi kamu dan warna masih hijau atau merah, coba kamu ukur tegangan pada kpomponen Pin IC Croma. Tegangan yang normal ari IC Croma biasanya 4 VDC yang mana tegangan ini akan dikirim ke transistor penguat pada msin RGB. Jika tegangan pada IC Croma kurang , biasanya komponen tersebut telah rusak.

Baca Juga: Antena TV Indoor Yang Bagus Untuk LED Terbaru 2019

Tapi, jika ada tegangan, silahkan kamu ukur kembali tegangan dari IC Coma itu, apakah tegangan tersebut sampai ke kaki basis transistor penguat. jika belum maka ini permasalahannya.

Kamu ukur komponen disekitaran IC Croma dan komponen transistor penguat pada mesin RGB. Komponen tersebut sering sekali mengalami kerusakan, yang mengakibatkan televisi menjadi rusak.

Jika trik diatas sudah kamu lakukan, tapi tv kamu masih tidak normal, maka permasalahannya pada tabung televisi yang sudah rusak. Kamu bisa memperbaikinya dengan alat tembak tabung, yang bisa kamu dapatkan di berbagai toko elektronik.

Sekian ulasan kali ini tentang cara mengatasi warna tv dominan hijau atau merah. Semoga ulasan ini bisa berguna untuk kalian semua.

0 Response to "Penyebab Warna tv dominan Hijau Dan Cara Memperbaikinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel