3 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Jerawat

3 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Jerawat

Jerawat dari dahulu hingga kini memang sangat mengganggu, perubahan hormon yang merangsang kelenjar minyak pada kulit merupakan faktor utama mengapa seseorang berjerawat. Perubahan hormon bisa diakibatkan karena stress, pemakaian pil KB, menstruasi, atau kehamilan. Jerawat hampir bisa dipastikan merupakan masalah terbesar dan terbanyak penderitanya. Karena, hampir semua manusia pernah mengalami jerawat baik itu di wajah, di punggung, maupun di kepala.

Penyebabnya mengapa seseorang berjerawat bisa bermacam-macam. Diantaranya adalah.

  • Produksi minyak berlebih pada wajah. Biasanya dikenali dari kondisi yang tidak normal pada kulit yang terjadi akibat produksi minyak berlebihan. Apabila produksi kelenjar minyak ini terganggu, misalnya karena tersumbatnya pori-pori atau saluran folikel rambut yang kemudian terindukasi dengan bakteri dapat menyebabkan jerawat.
    Selain akibat aktivitas telanjang minyak yang berlebihan. Sel kulit mati juga merupakan salah satu penyebab jerawat. Sel kulit mati yang tidak diangkat menyebabkan kulit meradang.
  • Penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak. Serta
  • Penggunaan obat-obatan, dan
  • Stres adalah pemicu utama jerawat.

Setelah kita tahu penyebab-penyebab jerawat, maka sekarang saatnya kita membasmi dan mencegahnya datang kembali.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa kita gunakan untuk membasmi jerawat:

1. Tomat

Tomat banyak mengandung Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin C, Vitamin A, B1, B2, B3, Kalsium, Fosfor, Besi, Natrium, Kalium, Serat Dan Air. Selain itu, tomat juga mengandung likopen, yaitu sebuah senyawa antioksidan yang dapat mengurangi kolesterol dan mampu melindungi tubuh dari serangan kanker.

Banyaknya kandungan yang dimiliki oleh tomat menjadikannya sebagai salah satu bahan alami yang dapat kita gunakan untuk membasmi jerawat.

Cara pemanfaatan tomat untuk membasmi jerawat sangatlah mudah. Pertama,

  • Ambil beberapa buah tomat yang sudah matang, kemudian
  • Iris tomat tersebut, setelah itu
  • Gunakan irisan tomat untuk mengobati jerawat dengan cara
  • Menempelkan irisan tomat tersebut pada tempat yang berjerawat
  • Diamkan selama 15 hingga 30 menit, lalu
  • Bersihkan dan cuci dengan air bersih.

2. Telur

Telur, terutama putih telur, bermanfaat untuk membasmi jerawat. Itu karena putih telur mengandung protein yang sangat banyak. Protein yang terkandung dalam putih telur bahkan bisa langsung diserap oleh tubuh, selain itu putih telur juga kaya akan vitamin A, B12.

Telur bisa menjadi salah satu alternatif untuk membasmi jerawat, Kandungan yang dimiliki oleh telur dapat menyerap minyak berlebih pada wajah. Sehingga ampuh digunakan untuk mengurangi kemungkinan berjerawat.

Cara menggunakannya cukup mudah.

  • Ambil satu butir telur, kemudian
  • Pisahkan antara kuning dan putihnya
  • Gunakan putih telur untuk mengolesi wajah yang berjerawat kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

3. Jeruk nipis

Jeruk jenis ini terkenal akan manfaatnya, selain sebagai bahan pembuatan minuman yang segar. jeruk nipis juga memiliki manfaat yang lain. sebuah jeruk nipis mengandung Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B1, Fosfor, Kalsium, Besi, Sinopsi,S Synephrine, Limonene, Linalool, dan Flavonoid yaitu sebuah zat yang memiliki kandungan naringenin yang dapat mencegah tumbuhnya tumor.

Selain dapat mencegah tumor, ternyata buah yang memiliki banyak kandungan ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah dan dapat digunakan untuk membuat basmi jerawat.

Cara pemanfaatan lemon untuk membasmi jerawat adalah dengan memanfaatkan air perasannya yang dicampur dengan air mawar. Oleskan pada wajah yang berjerawat kemudian diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Jika anda menjalankan tips tips diatas secara rutin, kemungkinan besar jerawat di wajah anda akan jauh berkurang atau bahkan dapat juga tidak akan kembali lagi.