3 Cara Mudah Mengurangi Minyak Di Wajah

3 Cara Mudah Mengurangi Minyak Di Wajah

Ada beberapa tipe kulit wajah yang dimiliki oleh manusia, diantaranya adalah.

  • Kulit wajah normal
  • Kulit wajah berminyak
  • Kulit wajah kering
  • Serta kulit wajah sensitif.

Mengurangi minyak berlebih di wajah tidak boleh sembarangan. Karena, apabila dilakukan terlalu sering akan menyebabkan wajah menjadi kering. Kusam, serta kehilangan kelembabannya. Oleh karena itu, anda membutuhkan pengetahuan yang cukup serta perlakuan khusus untuk wajah, agar kulit wajah tetap sehat terawat dan cerah.

Pada dasarnya minyak di wajah baik untuk kesehatan wajah itu sendiri. Karena dapat membuat wajah menjadi tetap lembab, sehat dan awet muda. Akan tetapi bagi sebagian orang, wajah mereka memproduksi terlalu banyak minyak sehingga menyebabkan kulit terlihat kusam, dan berbagai masalah lainnya yang pada akhirnya bisa menyebabkan kulit berjerawat.

Khusus bagi anda yang memiliki kulit wajah berminyak, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengurangi kadar minyak di wajah anda.

1.Lemon

Cara paling mudah untuk mengurangi kadar minyak atau produksi minyak pada kulit wajah adalah dengan menggunakan lemon.

Cara pemanfaatan lemon untuk mengurangi kelebihan minyak pada wajah sangat sederhana.

  • Pertama anda bisa mengambil lemon, lalu
  • Peras ambil airnya, dan
  • Campurkan dengan air bersih kira-kira dengan perbandingan yang sama. Lalu
  • Gunakan campuran air lemon tersebut untuk mengolesi wajah anda.

Jangan gunakan tangan yang kotor untuk mengolesi hasil perasan lemon akan tetapi gunakanlah kapas yang bersih karena wajah yang berminyak rentan akan bakteri, apalagi terlalu sering disentuh dengan tangan.

Diamkan selama kurang lebih 15 s/d 20 menit, lalu
Bilas dengan air bersih.

2. Es batu

Cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan es batu.

Jika anda ingin tampil lebih cantik dengan kulit yang lebih kencang dan lebih halus, serta tidak berminyak. Anda dapat memanfaatkan es batu untuk mengecilkan pori-pori wajah anda. Penggunaan es batu untuk mengecilkan pori sifatnya sementara saja. Es batu yang bersuhu dingin akan mengecilkan pori-pori sehingga mempersempit jalan keluar minyak di wajah. Cara penggunaan es batu untuk memperkecil pori-pori dan mengurangi minyak di wajah hanya dengan mengusapkan es batu di wajah anda.

Selain untuk mengurangi kadar minyak di wajah. Cara diatas juga dapat digunakan sebelum anda memakai kosmetik, agar wajah anda terlihat lebih kencang dan segar.

3. Cuci wajah

Cuci wajah anda secara rutin minimal 1 kali sehari, dan maksimal 2 kali sehari dengan menggunakan sabun khusus wajah berminyak. Hindari menggunakan sabun yang banyak mengandung terlalu banyak busa karena dapat membuat kulit menjadi kering. Hal lainnya yang perlu anda perhatikan dalam menggunakan sabun wajah adalah. Jangan menggunakannya terlalu sering dan terlalu banyak karena dapat mengganggu seimbangan kulit wajah anda. Seperti yang telah diuraikan di atas, minyak sebenarnya memiliki manfaat yang baik bagi kulit wajah oleh karena itu tidak boleh terus-menerus di gerus hingga mongering. Selain dapat membuat wajah menjadi kusam menggunakan sabun wajah secara berlebihan untuk menghilangkan minyak dapat membuat wajah menjadi mudah keriput karena kehilangan kelembaban.

Tips tips di atas bisa anda sesuaikan dengan kondisi yang akan anda hadapi. Sedangkan untuk mengurangi produksi minyak diwajah secara signifikan anda dapat memanfaatkan tips nomor satu yaitu dengan menggunakan masker perasan lemon dan masker mentimun.