3 Hormon Yang Membuat Berat Badan Naik

3 Hormon Yang Membuat Berat Badan Naik

Tren.Co.Id – Kenaikan berat badan ternyata tidak hanya karena mengkonsumsi makanan yang berlemak dan juga karbohidrat, namun ternyata ini pun bisa karena pengaruh hormon.  Nah jika hormon ini tidak seimbang, maka bisa menyebabkan nafsu makan anda meningkat, sehingga berat badan pun semakin naik.

Lalu jenis hormon manakah yang menyebabkan kegemukan? Nah untuk mengetahui hal tersebut maka anda bisa membaca beberapa contoh yang sudah di paparkan seperti berikut ini.

Ini Dia 3 Jenis Hormon Yang Menyebabkan Berat Badan Anda Naik

Salah satu jenis hormon yang menyebabkan berat badan naik adalah kelenjar yang di sebut dengan tiroid. Hormon ini ternyata bisa menghasilkan hormon T3 dan juga T4 yang membantu dalam mengatur sistem metabolisme tubuh.

Untuk tiroid yang kurang aktif, biasanya tidak bisa menghasilkan cukup hormon sehingga bisa memperlamban metabolisme tubuh. karena hal inilah, akhirnya tubuh akan membakar kalori dengan sangat lambat sehingga menyebabkan berat tubuh naik.

Berikutnya adalah hormon ghrelin, hormon yang satu ini mempunyai fungsi yang terbalik dari hormon leptin, yakni mengirim sinyal “lapar” ke sistem otak. Namun sayangnya, jika hormon ini terlalu banyak maka bisa menambah nafsu makan anda secara berlebihan, sehingga bisa menyebabkan obesitas.

Selain itu juga, pada saat anda kurang tidur baisanya hormon ini akan meningkat, sehingga rasa lapar pun akan terasa dan akhirnya anda di tuntut untuk mengisi perut dengan cemilan, makanan atau pun nasi.

Penyebab berat badan naik yang terakhir adalah karena hormon kortisol, saat anda merasa stress atau pun tertekan, biasanya kelenjar adrenal akan memproduksi hormon ini, sehingga memungkinkan anda untuk segera bertindak.

Namun jika hormon ini berlebihan, maka bisa membuat gula darah diubah menjadi zat lemak, sehingga menyebabkan berat tubuh anda naik.

3 jenis hormon yang menyebabkan berat badan naik diatas sudah di baca dengan seksama, semoga anda bisa mengambil kesimpulan dari pembahasan kita hari ini.