3 Tips Mudah Bersihkan Karpet | Tren.co.id

3 Tips Mudah Bersihkan Karpet | Tren.co.id

Tren.co.id – Karpet adalah salah satu perlengkapan rumah yang butuh penanganan khusus untuk perawatannya. Sebab, langkah-langkah perawatang yang kurang baik menyebabkan karpet jadi semakin kotor dan mudah rusak. Membersihkan karpet yang terdapat di ruang tamu dengan langkah yang tepat supaya tetap awet. Berikut tips mudah yang dikutip dari laman helium sehingga membantu anda. Yuk simak .

1. Sering Dibersihkan

Karpet perlu dibersikan sesering mungkin dengan penyedot debu atau vacuum cleaner terlebih bila anda baru saja memasang karpet. Walau terlihat bersih, serat-serat di karpet dapat bercampur debu maupun kotoran. Bila dibiarkan sangat lama, kotoran jadi menumpu. Selain tak baik bagi kesehatan, penumpukan kotoran juga bisa merusak karpet dengan cepat.

2. Jangan Berjalan di Atas Karpet dengan Kaki Telanjang

Kebanyakan orang berpendapat jika berjalan di rumah tidak pakai alas kaki dapat membuat karpet jadi bersih semakin lama. Namun, pendapat itu tak semuannya benar. Kaki yang mengeluarkan keringat maupun minyak ketika bersentuhan pada karpet, minyak dan keringat pun menjadi melekat di karpet sehingga mengakibatkan debu dan kotoran mudah menempel. Sebaiknya gunakan kaos kaki atau slippers ketika berjalan di atas karpet.

3. Hindari Mencuci Karpet dengan Sabun

Sebaiknya jangan mencuci karpet menggunakan deterjen atau cairan pembersih yang didalamnya terdapat sabun. Busa yang diproduksi sabun akan menyisakan residu yang malah mengikat semakin banyak debu pada karpet.

Selain itu, residu sabun tertinggal juga dapat melemahkan serat yang ada di karpet sehingga menajadikan karpet rentan rusak atau robek. Untuk gantinya, cobalah pakai cuka putih sebagai pencuci karpet di rumah anda. Nah, semoga tips untuk perawatan karpet ini dapat membantu anda dalam membersihkan karpet yang ada di rumah, Ladies.