4 Bahaya Kerokan Bagi Kesehatan

4 Bahaya Kerokan Bagi Kesehatan

Tren.Co.Id – Kerokan untuk sebagian orang terutama di Indonesia adalah sebuah budaya yang sering dilakukan jika tubuh sedang tidak sehat. Kerokan dipercaya dapat membuat tubuh lebih ringan dan mampu mengeluarkan angin yang bersemayam di dalam tubuh. Hal inilah yang membuat orang senang sekali dikerok jika tubuh kurang sehat atau kelelehan.

Kerokan memang tidak dilarang jika dilakukan sekali-kali dan tidak terlampau sering. Akan tetapi yang menjadi masalah jika anda terbiasa kerokan dan kebiasaan ini tidak dapat dikurangi. Anda kerokan dengan frekuensi berlebih misalnya seminggu tiga kali atau seminggu 2 kali tentu saja ini tidak dianjurkan dan dapat membahayakan kesehatan tubuh anda sendiri.

Buanglah kebiasaan tidak baik ini, sebab di bawah ini akan kami berikan 4 bahaya yang harus kamu ketahui jika kamu terbiasa kerokan.

Walaupun kerokan disebut dengan teknik tradisional dan lebih aman jika dibandingkan mengonsumsi obat-obat kimia. Akan tetapi, jika hal ini dilakukan secara berlebihan tentu saja akan memberikan efek berbahaya untuk kesehatan tubuh anda.

1. Pori-pori melebar

Bahaya pertama adalah dapat membuat pori-pori kulit anda menjadi melebar dan terbuka. Apabila pori-pori anda sudah melebar maka memudahkan bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh anda. Bahkan apabila pelebaran sudah cukup parah virus dan bakteri dapat menjalar ke pembuluh darah.

2. Ketagihan

Ketagihan atau ingin dikerok terus adalah masalah kedua yang akan anda rasakan jika anda terbiasa kerokan setiap harinya. hal ini dikarenakan saat tubuh kita masuk angin dikit-dikit kita minta dikerok, apalagi kerokan dapat memberikan rasa hangat dan nyaman sehingga membuat kita merasa ketagihan.

3. Hati-hati stroke

Serem ya dengarnya ternyata stroke bisa dipicu oleh kebiasaan kerokan yang tidak sehat. Mengapa demikian? Ini karena kerokan dapat membuka peredaran darah dan untuk kasus pelebaran yang sangat luas dapat membuat pembuluh darah pecah dan resiko penyakit stroke siap mengintai tubuh.

4. Bayi resiko prematur

Ibu hamil sepertinya pikir-pikir lagi jika ingin minta dikerok. Sebab, jika selagi anda hamil dan sering dikerok maka bayi anda beresiko prematur. Mengapa? Ini karena saat kerokan terjadi produksi hormon sitokin yang membuat perang kontraksi. Jadi, jika dilakukan terus-menerus dapat menyebabkan kontraksi dini sehingga mempercepat proses kelahiran bayi anda.

Bahaya sekali bukan efek samping yang ditimbulkan oleh kerokan ini? sebaiknya anda pikir-pikir dahulu untuk dikerok jika lagi masuk angin. Jika sekali-sekali memang tidak masalah, namun jika keseringan juga tidak baik bukan? Cara tradisional memang aman namun kita tetap harus pintar dalam menjalankannya. Semoga bermanfaat dan membantu, terima kasih telah membaca postingan kami sampai selesai.

bahaya kerokan, efek samping kerokan