4 Bahaya Konsumsi Buah Durian | Tren.co.id

4 Bahaya Konsumsi Buah Durian | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Durian menjadi salah satu buah musiman yang kedatangannya sangat ditunggu oleh para pecintanya. Kebanyakan pecinta buah durian tidak tanggung-tanggung mengonsumsi buah ini dan terkesan tidak lupa diri. Mengonsumsi buah durian secara berlebihan adalah suatu hal yang tidak dianjurkan karena dapat membahayakan kesehatan.

Buah durian adalah buah tropis yang tumbuh dengan subur di negara kita, buah durian juga mendapat julukan raja buah. Walaupun mendapat julukan sebagai buah raja banyak juga yang tidak menyukai buah ini karena bau menyengat yang ditimbulkan. Di luar negeri saja banyak bulek yang tidak suka dengan durian bahkan di maskapai penerbangan adanya aturan untuk tidak mengonsumsi atau membawa buah durian.

baca juga : Ternyata Kanker Juga Menyerang Lidah, Ini Penyebabnya

Ada beberapa efek samping negatif yang akan ditimbulkan dari mengonsumsi buah panas ini secara berlebihan. Apalagi buah durian mengandung senyawa alkohol dan berbagai senyawa lainnya yang berbahaya untuk kesehatan. Apabila anda belum tahu apa saja efek negatif yang ditimbulkan dari buah durian, berikut ini akan kami berikan informasinya.

4 Efek Negatif Mengonsumsi Buah Durian Berlebihan

  1. Tekanan darah menjadi meningkat

Efek samping pertama yang harus anda ketahui adalah dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh anda. jadi, jika anda tidak ingin tekanan darah anda meningkat cobalah untuk tidak mengonsumsi buah durian secara berlebhan. Peningkatan tekanan darah berhubungan dengan beberapa penyakit seperti hipertensi, jantung koroner dan beberapa penyakit lainnya.

  1. Tidak baik untuk diabetes

Bagi yang punya masalah dengan diabetes ada baiknya hindari buahan satu ini karena buah duian apalagi yang matang mengandung glukosa yang cukup tinggi bahkan dapat berubah menjadi alkohol. Adanya kandungan inilah yang dapat menyebabkan penderita diabetes harus berhati-hati jika mengonsumsi buah durian.

  1. Penyempitan pembuluh darah

Penyempitan pembuluh darah juga tidak dapat dielakkan apabila anda mengonsumsi buah durian secara berlebihan. Hal ini disebabkan karena adanya senyawa alkohol yang terdapat dalam buah durian, bukan hanya itu saja tekanan darah tinggi dan stroke juga akan mengintai anda.

Berat badan akan bertambah dengan mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Ini karena buah durian mengandung 1.350 kalori untuk setiap 1 kg. Jadi dengan mengonsumsi satu kilogram saja mampu mencukupi sebesar 68 % kebutuhan kalori tubuh.

baca juga : Yuk Cek Gula Darah Anda, Siapa Tahu Positif Diabetes

Jadi apabila anda memang penggemar buah durian maka konsumsilah buah ini dengan wajar dan tidak berlebihan. Sebaiknya kontrol nafsu anda agar tubuh anda tidak terganggu karena efek samping yang ditimbulkan oleh buah durian. Selain itu, ketika mengonsumsi buah durian sebaiknya anda tidak mengonsumsi tape, kopi dan alkohol karena ini akan berdampak negatif sebaiknya anda cukup memperbanyak konsumsi air putih setelah mengonsumsi buah durian.