4 Cara Mengatasi Nyeri pada Leher | Tren.co.id

4 Cara Mengatasi Nyeri pada Leher | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Apakah saat ini anda sedang mencari informasi mengenai cara mengatasi nyeri pada leher? Pada artikel kali ini kami akan membahasnya untuk anda.

Nyeri pada leher adalah hal yang paling sering terjadi dikarenakan salahnya posisi saat tidur. Hal ini dapat dialami oleh siapa saja baik anak-anak sampai orang dewasa. Mengalami nyeri leher akan membuat kita kesulitan untuk menengok ke kiri atau ke kanan.

Masalah nyeri leher bukanlah masalah yang serius akan tetapi sebaiknya kondisi satu ini harus segera diobati dan dicegah. Selain itu, kondisi seperti ini sudah jelas akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari dan membuat kita merasa kurang nyaman.

Lantas bagaimana cara mengatasi nyeri leher ini? Berikut ini adalah informasinya.

4 Cara Mengatasi Nyeri Leher Alami

Cara mengatasi nyeri leher alami yang disebabkan oleh salahnya posisi tidur biasanya akan sembuh dengan sendirinya dan tidak terlalu berbahaya. Akan tetapi jika masalah ini terus menerus terjadi maka diperlukan penanganan medis dalam mengobatinya.

Inilah beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam mengatasi nyeri leher dengan cara alami.

Langkah utama yang dapat anda coba adalah dengan melakukan pemijatan demi memperlancar aliran darah ke bagian area yang dipijat. Untuk pijat ringan ini anda dapat meminta bantuan orang lain agar aliran darah mengalir dan urat yang tegang menjadi kendur.

  1. Kompres air dingin dan hangat

Cobalah untuk mengompres leher anda menggunakan air dingin demi mengurangi rasa sakit serta menghambat terjadinya pembentukan asam. Caranya ialah dengan memasukkan es ke dalam plastik kemudian letakkan di area atau tempat sakit. Setelah itu lanjutkan kembali dengan mengompres menggunakan air hangat yang tujuannya mengendurkan otot dan mengurangi ketegangan otot.

Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan streaching atau peregangan. Cara ini dapat mengembalikan keelastisitas otot leher yang nantinya dapat mengurangi rasa sakit. Namun, yang perlu diperhatikan lakukanlah dengan perlahan demi menhindari cedera.

Langkah terakhir setelah anda melakukan streatching adalah dengan melakukan gerakan terapetik atau gerakan kepala. Apabila anda melakukan cara ini dengan benar maka akan membuat nyeri leher anda berkurang. Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan gerakan ke atas dan ke bawah, dagu ke atas ke arah langit-langit dan turun tempelkan dagu di dinding dada. Lakukanlah gerakan ini secara berulang.

Itulah setidaknya 4 cara mengatasi nyeri leher secara alami yang dapat anda lakukan dan coba. Saran kami usahakanlah untuk selalu menjaga posisi tidur anda agar nyeri leher tidak menyerang anda. selain itu, apabila anda sering bekerja di depan komputer maka cobalah istirahatkan sejenak mata anda dan longgarkan leher anda.