4 Fakta Unik Komodo, Binatang Asli Indonesia | Tren.co.id

4 Fakta Unik Komodo, Binatang Asli Indonesia | Tren.co.id

Tren.co.id – Komodo (Varanus Komodoensis) adalah salah satu binatang purbakala yang hingga kini masih begitu eksis di dunia. Hewan ini merupakan hewan yang terbesar, paling besar dari seluruh spesies kadal yang terdapat di muka bumi. Hewan yang tergolong dalam hewan karnivora (pemakan daging) dan pemakan bangkai ini begitu lihai jika ia mencoba menyergap mangsanya.

Hewan yang berlidah panjang serta lidahnya yang bercabang ini juga dilengkapi pula dengan gigi-gigi yang amat tajam guna mencabik-cabik mangsanya. Hewan yang asli berasal dari Indonesia ini menjadi salah satu kebanggaan Indonesia dan banyak mendiami di pulau-pulau Indonesia, seperti contohnya di Pulau Komodo, Flores, Rinca, serta Padar. Hewan ini pula bisa ditemukan di daerah Gili Dasami yang ada di Wilayah Nusa Tenggara.

Habitat hewan ini meliputi dari pantai, sungai yang kering, hutan savana tropis, hingga dataran rendah terbuka. Berikut ini beberapa fakta menarik dari Komodo yang sebagaimana dilansir dari situs amazine.co.

Makanan

Komodo memakan mangsa yang kecil seperti contohnya ialah ular, kadal, maupun hewan mamalia yang kecil lainnya. Bagi komodo dewasa, mereka lebih menyukai memangsa binatang yang lebih besar, contohnya saja kerbay, rusa, bahkan babi. Hewan ini pun hobi memakan bangkai hewan yang lain.

Ukuran & Berat

Panjang dari hewan komodo yang super raksasa ini berkisar antara 1,8 hingga 2,7 meter untuk panjangnya, yang disamping itu memiliki bobot tubuh yang mencapai hingga 75 kg.

Reproduksi

Adapula reproduksi dari komodo itu sendiri terjadi secara seksual. Hewan ini mencapai bentuk kematangan seksualnya di saat usianya menginjak sekitar 5 tahun serta berkembang biak antara bulan Juli hingga bulan September. Sementara itu, periode untuk mengerami telur komodo mencapai hingga 8 bulan lamanya.

Klasifikasi

Komodo diklasifikasikan sebagai kelompok pada Varanidae. Besar tubuhnya hewan ini, membuat kadal ini menempati predator yang memuncaki posisi dalam predator yang paling dominan dalam ekosistem tempat hidupnya.