4 Penyebab Rambut Kering Dan Cara Merawatnya

4 Penyebab Rambut Kering Dan Cara Merawatnya

4 Penyebab Rambut Kering Dan Cara Merawatnya

Sebenarnya setiap orang lahir dengan dianugerahi rambut yang indah dan sehat. Akan tetapi faktor lingkungan serta perawatan yang salah, atau kurangnya perhatian pada kesehatan rambut, seperti tidak memberikan nutrisi menyebabkan rambut menjadi tidak sehat dan kering.

Rambut kering merupakan masalah yang sering dialami oleh mereka para wanita yang biasanya hidup di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Rambut kering biasanya disertai dengan kerontokan. Selain itu rambut kering terlihat kusam dan tidak menarik.

Bagi anda yang menginginkan rambutnya terlihat berkilau serta sehat anda perlu melakukan beberapa terapi untuk rambut, agar rambut tetap sehat, kuat dan berkilau. Sebelum anda mulai melakukan perawatan rambut, ada baiknya anda mengenali jenis rambut anda terlebih dahulu, kemudian kenali masalah yang terjadi pada rambut anda, lalu pilihlah model perawatan yang ingin anda lakukan.

Berikut adalah penyebab mengapa rambut bisa menjadi kering dan cara merawatnya:

1. Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan penyebab utama mengapa rambut menjadi kering. Sinar matahari yang terlalu panas, utamanya pada siang hari menyebabkan rambut menjadi kehilangan kelembabannya.

Bagi kita kita yang tinggal di Indonesia, suhu matahari pada siang hari sangatlah tinggi, sehingga apabila anda berjemur terlalu lama di bawah sinar matahari langsung, dapat menyebabkan rambut menjadi tidak sehat.

Berikut adalah beberapa solusi yang bisa anda ambil untuk mengatasi hal ini adalah.

  • Gunakan pelindung rambut seperti topi saat beraktivitas di luar ruangan. Terutama pada siang hari ketika matahari bersinar dengan terik.
  • Jangan berjemur terlalu lama di bawah sinar matahari langsung terutama pada siang hari.

2. Polusi

Faktor lingkungan kedua yang menjadi penyebab utama masalah rambut kering adalah polusi udara. Udara yang kotor akibat berbagai polusi yang disebabkan oleh kendaraan bermotor maupun pabrik-pabrik adalah masalah serius bagi rambut.

Beberapa solusi yang bisa anda ambil untuk mengatasi masalah rambut akibat polusi diantaranya dengan,

  • Melindungi rambut anda dengan sesuatu saat berkendara.
    Selain itu anda juga dapat memberikan nutrisi bagi rambut anda agar tetap sehat dan kuat melawan kotornya udara akibat polusi.

3. Shampoo

Shampoo dapat menjadi sumber utama masalah rambut kering. Salah mengenali jenis rambut, atau salah mengidentifikasi masalah yang dialami rambut yang biasanya dibarengi oleh kesalahan memilih shampoo, sehingga menyebabkan rambut menjadi kian bermasalah dan rusak.

  • Solusi untuk rambut kering akibat shampoo sebenarnya sangat sederhana. Anda harus rajin memberikan nutrisi pada rambut anda dan kenalilah jenis rambut anda, agar anda dapat memilih jenis shampoo yang tepat.

4. Mewarnai Rambut

Sering mewarnai rambut dengan dengan produk pewarna rambut yang mengandung bahan kimia, dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan kusam. Tidak hanya itu, terlalu sering warnai rambut dapat menyebabkannya menjadi stress. Hal ini bisa mengakibatkan rambut menjadi rontok.

  • Untuk solusi rambut kering akibat pewarnaan. Anda dapat memberikan nutrisi dan vitamin agar rambut tetap sehat dan kuat. Hindari penggunaan produk pewarna rambut yang banyak mengandung bahan kimia.