4 Tips Rambut Indah Sampai Tua

4 Tips Rambut Indah Sampai Tua

Tren.Co.Id – Menjaga rambut supaya tetap indah, sehat dan berkilau tak cukup cuma dengan melakukan perawatan di luar. Serajin apa pun anda menggunakan kondisioner dan spa rambut di salon, bila tak diimbangi dengan perawatan yang lain maka rambut tetap akan mudah kusam, kering dan patah.

Perawatan dari dalam tak hanya dilakukan dengan mengkonsumsi jamu-jamuan atau pil suplemen penumbuh rambut. Namun, bisa dimulai dari pola hidup sehat.

Dikutip dari laman dailymail, inilah 4 kebiasaan sehat yang tak cuma berguna bagi kesehatan tubuh, tapi juga sebagai penjaga penampilan rambut agar selalu indah hingga tua.

4 Rahasia Rambut Sehat Sampai Tua

Diet rendah kalori yang mengakibatkan berat badan menjadi turun drastic, dan dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Karena pola makan rendah kalori sangat kurang dengan asupan lemak esensial, protein dan mineral yang berguna untuk menutrisi rambut.

Jika anda mesti menurunkan berat badan, lakukanlah diet sehat rendah gula dan pastikan pada tiap menu makanan terdapat protein dan lemak sehat tipa hari.

  1. Tidak Mengonsumsi Banyak Gula

Gula dibutuhkan untuk menambah tenaga, namun tubuh tak membutuhkannya dalam jumlah banyak. Bila dikonsumsi berlebihan, gula malahan dapat menjadi komponen ‘anti-nutrisi’. Maksudnya, gula tak membuat keuntungan yang signifikan untuk kesehatan tubuh namun justru menyedot nutrisi lain di tubuh untuk memprosesnya.

Nutrisi yang diambil adalah nutrisi penting yang berperan menjaga keindahan rambut. Jadi semakin banyak anda konsumsi gula, maka rambut akan lebih mudah patah.

  1. Tidak Mengonsumsi Karbohidrat Berlebihan

Karbohidrat sederhana contohnya nasi putih, mie dan roti tawar atau makanan lain yang berbahan dasar tepung terigu memilki efek negative, yang serupa dengan gula jika dikonsumsi terlalu banyak. Karbohidrat sederhana juga dapat mengambil nutrisi yang berguna untuk tubuh.

Saat masuk di tubuh, karbohidrat akan terserap dengan cepat lalu diubah jadi gula darah. Untuk itu gantilah nasi putih sama nasi merah, mie ayam sama pasta gandum dan roti gandum sama roti gandum utuh.

  1. Memperbanyak Asupan Protein

Keratin adalah salah satu jenis protein yang berguna untuk mempertahankan kekuatan maupun struktur rambut. Tubuh menghasilkan keratin dengan proses pengolahan protein yang dimakan.

Jadi untuk menjaga rambut tetap indah, pastikan untuk mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi seperti daging merah, ikan-ikanan, telur, kacang-kacangan, biji-bijian serta produk olahan dari susu.

Demikianlah 4 kebiasaan hidup sehat yang dapat menjaga rambut anda hingga tua. Siapkan melakukan kebiasaan ini mulai sekarang? Semoga berguna.