5 Cara Mengatasi Sakit Menstruasi di Hari Pertama

5 Cara Mengatasi Sakit Menstruasi di Hari Pertama

Menstruasi adalah kondisi yang dialami oleh setiap wanita dewasa. Terkadang kita tanpa sadar menstruasi di saat kita sedang beraktifitas dan rasa sakit yang diberikan juga tidak tanggung-tanggun. Sakit menstruasi cenderung memuncak di hari pertama. Wanita yang mengalami menstruasi akan merasa pusing, sakit perut dan lemas.

Ketika anda mengalami hal ini maka cobalah mencoba cara mengatasi sakit menstruasi di hari pertama.

Mengatasi sakit menstruasi di hari pertama

Coba kompres hangat

Pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menempelkan kantong yang terbuat dari karet yang telah diisi dengan air hangat. Selain itu anda juga dapat menggunakan handuk yang telah direndam dulu menggunakan air hangat ke bagian tubuh yang nyeri.

Coba kompres dingin

Kompres menggunakan kantong karet dingin juga dapat menjadi cara selanjutnya. Di apotik anda sudah dapat menemukan kantong berisi es batu atau yang biasa disebut dengan cold pack. Selain itu anda juga dapat menggunakan handuk yang telah dicelupkan dengan air dingin. cukup 30 menit saja untuk mengompres handuk dingin ini jangan lama-lama.

Coba pijat lembut

Anda juga dapat melakukan pemijatan ringan di bagian perut bawah anda. pemijatan tersebut ialah dengan gerakan memutar dan ringan menggunakan ujung jari anda. ketika memijat ini anda dapat menggunakan minyak bayi atau menggunakan krim.

Minum air hangat

Minuman air hangat atau minuman hangat lainnya dapat meredakan rasa nyeri di bagian perut anda. Anda harus menghindari minuman yang mengandung kafein, tinggi gula dan alkohol karena ketiga kandungan ini akan memperparah rasa nyeri anda.

Tidur

Tidur menjadi tips terakhir yang dapat anda lakukan ketika sakit di bagian perut anda terasa hebat. Tidur juga dapat membuat pikiran anda menjadi lebih tenang.

haid, menstruasi, obat haid