5 Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

5 Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Tren.Co.Id – Ada perubahan fisik yang terjadi pada ibu yang sedang hamil, tidak hanya fisik saja tetapi fisiologis, ataupun biokimia seringkali diiringi dengan berbagai keluhan yang umum dirasakan oleh ibu hamil.

Jika keluhan ini tidak diatasi akan berdampak pada pemenuhan kebutuhan zat gisi dan seringkali upaya penanggulangan. Hal tersebut biasanya akan mengalami permasalahan pada kesehatan ibu hamil tersebut, seperti sembelit.

Sulit buang air besar ini disebut sembelit, insiden ini biasanya terjadi pada usia kehamilan yang sudah uzur sebagai dampak dari kegiatan ibu yang semakin berkurang karena usia kehamilan yang sepertinya semakin bertambah.

Bagaimana Sih Cara Mengatasi Masalah Sambelit Pada Bumil Itu?

Tekanan berat pada janin terhadap kolon dan rectum sehingga menyebabkan terganggunya ekskresi, adanya peningkatan kadar progresteron yang merelaksasikan otot saluran pencernaan serta menurunnya motilitas serta asupan cairan yang tidak mencukupi. Selain itu juga,  pola makan ibu yang kurang mengandung serat, supplement zat besi, kebiasaan buang air yang buruk, enggan berolahraga, serta jarang sarapan di pagi hari.

Untuk itu untuk mengatasi kondisi ini, seperti:

  • Banyak minum air putih sedikitnya delapan gelas sehari di pagi hari.
  • Olahraga yang ringan atau melakukan dengan rutin senam hamil.
  • Lebih disukai mengkonsumsi minuman jus buah-buahan
  • Terbiasa mengkonsumsi yang mengandung serat, seperti buah dan sayuran.
  • Mengkonusmsi zat besi 2 kalori sehari, makanlah yang mengandung zat besinya banyak.

Dengan memahami apa saja tips mudah untuk mengatasi masalah sambelit ini, anda pun tak perlu bingung lagi mencari obatnya bukan?