5 Permainan Tradisional Anak Ini Lebih Seru Dari Gadget

5 Permainan Tradisional Anak Ini Lebih Seru Dari Gadget

Tren.co.id – Anak zaman sekarang semuanya sudah pandai bermain gadget, padahal kebiasaan satu ini adalah hal yang tidak sehat. Anda bayangkan saja anak rela duduk berjam-jam hanya sekedar bermain di gadgetnya tanpa melakukan aktifitas apapun. Masalah obesitas dan penyakit lainpun akan lebih cepat menyerang anak perkotaan daripada anak-anak daerah yang masih aktif bergerak.

5 permainan tradsional yang kami berikan di bawah ini adalah permainan anak yang nyaris punah. Padahal permainan ini sangat seru dan dapat melatih tubuh serta otak untuk lebih cekatan dan aktif. Apa saja permainan tersebut?

Mainan satu ini ada sejak abad ke 12, di Perancis namanya bille yaitu bola kecil. Sedangkan di Belanda diberi nama Knikkers. Di Indonesia kelereng sudah hampir musnah banyak anak-anak yang sudah malas memainkan permainan ini.

Untuk mereka yang lahir di tahun 90-an sudah tidak asing lagi dengan permainan satu ini. Kasti sama halnya dengan olahraga softball atau baseball. Memang butuh halaman yang cukup luas untuk memainkan permainan ini.

Permainan tradisional anak yang hampir punah selanjutnya adalah permainan congklak. Congklak punya nama yang berbeda-beda di setiap daerah Indonesia. Permainan ini dimainkan oleh dua orang yang saling berhadapan dan setiap lubang kecil di papan congklak diisi dengan 7 buah biji. Permainan ini mampu melatih kecepatan tangan dan melatih strategi otak.

Istilah kucing adalah pencari teman-teman yang sedang bersembunyi yang jadi tikus adalah mereka yang sembunyi. Menjadi tikus atau kucing terlebih dahulu dimulai dengan hompimpa. Lalu tugas kucing menutup mata menghadap tembok sembari menghitung sampai 25. Tikus harus bersembunyi agar kucing tidak mengetahui keberadaanya. Apabila tikus berhasil menyentuh tembok di mana kucing menutup mata maka permainan pun selesai, si kucing harus kembali memulai permainanya. Permainan ini mampu melatih instuisi dan melatih ketajaman mata dan pendengaran.

Permainan ini dimainkan oleh dua kelompok yang setiap kelompok terdiri dari 4 sampai 8 orang. Permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih benteng lawan. Permainan ini dapat melatih kecepat berlari anak dan melatih kekompakan.

Itulah 5 permainan tradisional anak yang lebih seru dari gadget.. Pastinya anda yang saat ini berusia 20 tahunan sangat merindukan permainan ini.

permainan anak, permainan tempo dulu