6 Cara Melawan Rasa Takut Saat Sendirian Dirumah

6 Cara Melawan Rasa Takut Saat Sendirian Dirumah

Tren.Co.Id – Bagi anda yang sering ditinggal oleh orang tua atau saudara dirumah, tentunya kita merasa was was atau khawatir, terutama pada malam hari bukan? Hal ini biasanya karena kita terbiasa berkumpul dengan keluarga sehingga saat ditinggal sendiripun merasa takut. Cara melawan rasa takut pun akhirnya dilakukan dengan berbagai macam cara, baik itu mengajak teman atau yang lainnya.

Bagi anda yang belum bisa mengatasi rasa takut ini, maka berikut akan dijelaskan beberapa contoh cara melawan rasa takut dengan mudah. Semoga saja dengan membaca poin yang ada dibawah ini bisa membuat anda menjadi pribadi yang pemberani, terutama saat ditinggal sendirian dirumah.

Bagaimana Sih Cara Melawan Rasa Takut Itu?

Salah satu cara melawan rasa takut yang pertama adalah dengan membaca doa, saat ditinggal oleh seluruh keluarga maka jangan lah lupa untuk berdoa pada Yang Maha Kuasa agar dijauhkan dari segala marabahaya. Setelah anda berdoa, biasakan untuk tetap berfikiran positif meskipun anda adalah tipe orang yang penakut.

Apabila anda merasa sunyi dirumah, maka bisa menonton televisi dengan volume nya agar dibesarkan sedikit. Cara ini bisa mengatasi rasa takut anda, selain itu juga pilihlah jenis tontonan yang menghibur, contohnya dengan menonton film komedi, video ngakak dan yang lainnya. Dengan begitu, anda pun akan merasa terhibur dan rasa takut akan hilang.

Cara melawan rasa takut yang ketiga adalah dengan mendengarkan musik, bagi anda yang tidak hobi menonton televisi maka anda bisa mendengarkan musik kesukaan anda, contohnya saja musik pop atau bisa juga lagu barat. Agar lebih konsen, tips mengatasi rasa takut ini sebaiknya dilakukan dengan menggunakan ear phone.

Baca Juga : 8 Tips Mendidik Anak Usia 4 Sampai 10 Tahun

Jika ada teman yang mau diajak menginap, maka tak ada salahnya untuk mengajaknya kerumah selama beberapa hari sampai keluarga anda pulang. Dengan cara ini, anda tidak akan merasa kesepian dan bisa melakukan kegiatan seru lainnya.

Berfikiran yang negatif biasanya akan membuat seseorang menjadi paranoid, hal ini harus nya bisa dihindari karena bisa membuat otak selalu berfikiran yang tidak –tidak. Biasakan untuk tetap berfikir positif, sehingga mental jadi lebih berani dan tidak cemas.

Apabila terjadi sesuatu atau terdengar bunyi yang cukup keras, maka sebaiknya jangan berteriak bahwa ada hantu, tetapi bersikaplah tenang dan coba untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi. Cara ini bisa membuat anda menjawab rasa penasaran yang dialami.

Baca Juga : Inilah 5 Cara Mendidik Anak Usia 5 Tahun

6 cara melawan rasa takut ini semoga bisa membuat anda lebih berani lagi saat ditinggal sendirian, selain itu juga tidak selalu berfikir yang negatif saat terjadi sesuatu hal.