6 Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Pribadi Percaya Diri | Tren.co.id

6 Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Pribadi Percaya Diri | Tren.co.id

Tren.co.id – Anak diibaratkan sebuah kertas putih dimana orang tuanyalah yang menjadi pelukis. Bila orang tua hebat maka lukisan berkualitas, jika sebaliknya lukisan tidak dianggap bernilai. Menjadi orang tua tidaklah mudah, selain harus dapat memberi contoh yang baik orang tua juga harus mampu membimbing anak agar menjadi pribadi yang lebih baik salah satunya menjadi pribadi yang percaya diri.

Banyak orang tua yang kebingungan bagaimana caranya merubah anaknya yang sebelumnya pemalu berubah menjadi anak yang berani ketika di depan umum. Tidak sulit anda hanya perlu melatih anak sejak dini dengan memperhatikan 6 cara ini.

Cara Mendidik Anak Agar Percaya Diri

Jangan meremehkan anak

Anda memang orang yang suka bercanda namun pastikan bahwa candaan anda tersebut tidak terkesan mengejek. Anak belum benar-benar mengetahui maksud dari setiap ucapan orang dewasa, jangan membuatnya salah persepsi atas candaan anda tersebut. Seharusnya anda memberinya semangat bukan malah meremehkannya atau mengejeknya.

Libatkan ia ketika membuat keputusan

Cobalah libatkan anak ketika ingin membuat keputusan, melatih anak biasa mengambil keputusan akan membuatnya menjadi lebih percaya diri karena pikirannya didengar oleh orang terdekat.

Jangan manjakan anak

Selanjutnya anda jangan memanjakan anak walaupun anda mengatakan itu sebagai bentuk kasih sayang namun saja memanjakan anak adalah hal yang tidak baik. Anda harus tegas menolak permintaan anak yang dianggap tidak baik atau berlebihan. Suruhlah anak untuk mengerjakan pekerjaan secara sendiri dan pujilan setiap hasil yang ia buat.

Komunikasi yang aktif

Walaupun anda sibuk dengan jadwal yang sangat padat anda tetap harus memperhatikan komunikasi antara anda dan buah hati. Bicarakanlah topik ringan mengenai sekolah atau teman-temannya atau juga mengenai berita dan mintalah pendapat mereka mengenai sebuah isu atau masalah tersebut.

Jangan menakuti anak

Terkadang orang tua suka menakut-nakuti anak dengan alasan ingin membuat anak jera namun ini adalah kesalahan besar. Menakut-nakuti beresiko membuat anak menjadi mudah pesimis, sehingga inilah yang membuat anak menjadi tidak percaya diri.

Jangan memarahi tanpa sebab

Anda juga tidak boleh menghukum anak tanpa alasan yang jelas walaupun anda sedang ada masalah lain. Anak yang sering dimarahi tanpa sebab akan membuat anak mengurung diri di dalam kamar.