6 Gejala Penyakit Jantung yang Tak Disadari Banyak Orang

6 Gejala Penyakit Jantung yang Tak Disadari Banyak Orang

Nyeri bahu salah satu gejala penyakit jantung

Penyakit jantung yang dialami seseorang sering tak menunjukkan gejala-gejalanya.sehingga membuat keluarga penderita sulit menerima kenyataan. Gejala dari penyakit jantung memang tidak terlihat, namun inilah gejala awalnya yang seringkali tak disadari penderita.

Inilah gejala yang disebutkan Dr. John Erwin dari Texas A&M Health Science Center dikutip dari Daily Mail

1. Disfungsi seksual

Sebagian besar orang beranggapan jika disfungsi seksual hanya menyangkut organ reproduksi dan otak. Erwin menyebutkan, walaupun wanita mengalami menopause tetapi kardiovaskular tidak akan mengalami gangguan. Jika gangguan kasdiovaskular terjadi maka dapat mengarah pada kondisi kesehatan jantung.

2. Mendengkur

Mendengkur adalah gejala umum sleep apnea. Erwin menjelaskan terganggunya tidur dihubungkan fisiologis yang berubah banyak yang bisa meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung. Bisa juga mendengkur merupakan gejala tidak teraturnya fibrasi atrium yang membuat jantung berdenyut cepat sehingga aliran darah rendah. Sangat penting untuk melakukan pendeteksi dan perawatan sleep apnea agar resiko masalah jantung menurun.

3. Gusi Sakit, Berdarah dan Bengkak

Ketidaksehatan gusi berujung pada gejala periodontis yaitu masalah serius pada gusi yang bisa membuat tulang rahang dan gusi rusak. Periodontis membuat seluruh tubuh meradang dan peradangan kuat berkembang akibat aktivitas berlebih mengakibatkan serangan jantung dan jantung atheroscletoric.

4. Nyeri di pundak dan leher

Kebanyakan penderita serangan jantung mengalami ketidaknyamanan sensasi, luka, nyeri di area leher, pundak atau rahang. Perasaan ketidaknyamanan bisa menjadi gejala sakit jantung atau serangan jantung.

5. Pembengkakan kaki

Walaupun pembengkakan pada kaki sering terjadi,tetapi kita mesti waspada jika kaki bengkak terus menerus atau menunjukan keadaan yang tambah buruk.

6. Pencernaan terjadi masalah dan mulas

Gejala dari serangan jantung dan sakit jantung seperti merasa sakit di atas perut dan sensasi terbakar. Apalagi jika disusul dengan sakit di gastrointestinal contohnya cegukan keras bisa jadi gejala awal masalah pada jantung.