6 Kebiasaan Penyebab Rambut Rontok

6 Kebiasaan Penyebab Rambut Rontok

Tren.co.id – Mempunyai gaya rambut lurus merupakan berkah tersendiri untuk anda. Terlebih jika rambut itu keturunan dari ayah atau ibu. Tapi ahli hairstyle di New York, Adam Maclay mengatakan rambut lurus rentan mengalami kerusakan ketimbang model rambut lain.

Keadaan ini tak luput dari kebiasaan kita sehari-hari dan pemahaman seseorang tentang cara merawat rambut. Agar tak penasaran dan terhindar dari penyebab rambut kusam dan rontok akibat rusak. Inilah 6 faktor penyebab rambut rontok.

1. Menyisir Ketika Basah

Harus diketahui bahwa kekuatan rambut dapat berkurang sampai 30% pada saat basah. Untuk itu jangan kaget jika menemukan rontokan rambut saat menyisirnya dalam keadaan basah. Sebaiknya sisir rambut dengan jari dulu sampai mengering, barulah disisir sesuai selera gaya rambut yang diinginkan.

2. Mengikat Saat Basah

Sekali lagi, rambut basah mudah rusak. Rambut butuh bernafas, terlebih saat basah. Mengikat rambut pada saat kondisinya lembab membuatnya lebih rapuh dan menakibatkan rontok dan rusak. Sebaiknya tunggu dulu hingga rambut kering sebelum mengikatnya dengan karet maupun pita rambut.

3. Pemakaian Alat-Alat Penata Rambut Secara Berlebihan

Rambut lurus bentuk helaiannya lebih halus ketimbang gaya rambut lain. Penggunaan alat penata rambut yang sangat panas untuk rambut tipe lurus sama halnya membuat masalah rambut sehingga jadi rontok dan rusak. Sebaiknya oleskan vitamin plindung rambut sebelum penggunaan alat tersebut.

4. Penggunaan Produk Rambut yang Tidak Tepat

Penggunaan produk untuk perawatan rambut yang tak sesuai dengan keadaan atau tipe rambut mengakibatkan rambut rontok. Jadi harus cerda, pilihlah produk yang tak mengandung alcohol karena menyerap minyak alami di rambut sehingga mengakibatkan rambut rusak, rontok dan berketombe.

5. Terlalu Sering Menggunakan Cat atau Semir Rambut

Perlu diingat bahwa seaman apapun pewarna rambut yang digunakan pastilah mengandung bahan kimia bila keseringan diaplikasikan sehingga membuat efek negative bagi rambut dan kesehatan. Sebelum mewarna rambut, sebaiknya konsiltasi dulu pada hairstylist dan pakailah produk yang terjamin untuk merawat warna rambut.

6. Cara Mengatasi Rambut Rontok Dari Faktor L (Lingkungan)

Lingkungan seritar nyatanya berpengaruh besar dalam kerusakan rambut seperti angin, air laut dan paparan sinar matahari yang mengakibatkan rambut ronttok, becabang dan kusut. Untuk itulah, ketika liburan di alam gunakanlah topi atau ikat rambut supaya melindunginya dari factor perusak rambut.

Sebelum mengalami kerontokan yang parah atau berbagai kerusakan lain, segeralah cari tahu cara merawat rambut dengan produk yang bisa merivitalisasi rambut supaya tampak indah dan sehat lagi. Selain itu, konsultasi dengan ahli rambut juga solusi terbaik mengatasi permasalahan rambut.