6 Nutrisi Yang Dibutuhkan Kulit Agar Tetap Sehat

6 Nutrisi Yang Dibutuhkan Kulit Agar Tetap Sehat

Kulit adalah bagian terluar dari tubuh kita. Kulit sangat penting karena kulit merupakan pelindung bagi tubuh dari segala sesuatu yang dapat membahayakannya. Seperti, kuman, sinar ultraviolet, polusi, dan lain sebagainya.

Untuk bisa melindungi tubuh dari berbagai hal yang dapat mengancam dan membahayakan tubuh maka mutlak dibutuhkan kulit yang sehat dan kuat. Kulit yang sehat dan kuat biasanya ditandai dengan kandungan pigmen melanin yang baik. Kandungan inilah yang akan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, bakteri, virus serta berbagai hal berbahaya lainnya.

Makanan adalah sumber utama nutrisi yang dapat menyehatkan kulit. Oleh karena itu, makanan yang kita konsumsi haruslah makanan yang sehat, serta kaya akan antioksidan dan nutrisi.

Selain memberikan nutrisi atau makanan untuk kulit dari dalam. Kita juga bisa memberikan kulit nutrisi dan makanan dari luar. Misalnya, dengan melakukan perawatan serta memberikan krim-krim yang mengandung vitamin. Bagi kulit hal itu sangat penting karena kulit membutuhkan nutrisi setiap harinya yang akan digunakan untuk menyusun jaringan kulit dan untuk melakukan peremajaan.

6 Nutrisi Yang Dibutuhkan Kulit Agar Tetap Sehat

Beberapa sumber utama nutrisi yang penting bagi kulit diantaranya adalah.

1. Vitamin E

Vitamin ini sangat bermanfaat untuk menjaga kulit tetap awet muda. Selain itu, vitamin ini juga banyak bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan pada kulit.

Sumber sumber vitamin C yang banyak di sekitar kita diantaranya adalah.

  • Buah-buahan seperti alpukat, kemudian
  • Kacang-kacangan
  • Ikan laut seperti lobster dan ikan tuna

sedangkan untuk perawatan eksternal atau perawatan luar anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk mensuplai vitamin E bagi kulit.

2. Vitamin A

Pembentukan sel pada kulit, serta proses peremajaan banyak membutuhkan vitamin A. vitamin A dapat membantu mengembalikan dan memperbaiki kulit yang rusak. Tidak hanya itu, vitamin A juga berfungsi untuk mengatur produksi sebum.

Sumber makanan yang mengandung vitamin A sangat banyak dan mudah kita temui di antaranya adalah.

  • Kuning telur
  • Susu
  • Hati, dan
  • Mentega

3. Nutrisi yang banyak dibutuhkan oleh kulit selanjutnya adalah vitamin C.

Vitamin C dibutuhkan oleh kulit untuk membuatnya menjadi lebih putih. serta, untuk memproduksi kolagen. Hal ini agar kulit tetap kuat dan elastis.

Kulit yang kuat inilah yang kita butuhkan untuk menjaga tubuh kita dari efek bahaya sinar matahari.

Vitamin C bisa kita temui di beberapa makanan seperti buah buahan dan sayuran.

Sayuran yang banyak mengandung Vitamin C diantaranya adalah.

Sedangkan Pada Buah-Buahan Vitamin C Banyak Terdapat Pada

4. Nutrisi penting lainnya adalah air.

Tubuh kita terdiri dari 70 persen lebih air. Air dapat menjaga kulit tetap lembab. Kulit yang lembab dapat mengurangi kerutan serta dapat melawan penuaan dini. Selain itu. Air juga berfungsi untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. Maka, jika anda menginginkan kulit yang sehat halus serta lembab. Anda harus rajin mengkonsumsi air putih.

5. Nutrisi yang juga tak kalah penting yang dibutuhkan oleh kulit adalah Selenium.

Selenium merupakan sumber antioksidan seperti Vitamin E. Vitamin E banyak terdapat pada.

  • Hati
  • Makanan laut (seafood)
  • Daging unggas.

6. Vitamin B kompleks

Merupakan sumber utama zat etanol untuk menjaga kulit tetap lembab. Serta membantu kulit melakukan regenerasi.

Beberapa makanan yang mengandung banyak vitamin b diantaranya adalah.

  • Kacang hijau
  • Beras merah, dan
  • Singkong

Cukupi nutrisi harian anda agar kulit anda tetap sehat, kuat, cantik, bersinar dan halus.