6 Tips Jitu Agar Rambut Tidak Mengembang

6 Tips Jitu Agar Rambut Tidak Mengembang

6 Tips Jitu Agar Rambut Tidak Mengembang

Setiap wanita memiliki selera masing-masing bagaimana ia ingin terlihat dan diperhatikan oleh orang lain dengan rambutnya. Ada wanita yang ingin tmpil dengan rambut rapi bahkan ada juga yang memang sengaja ingin rambutnya terlihat mengembang. Namun, ada juga yang ingin rambutnya terlihat tidak mengembang dan jatuh secara alami.

Dan untuk selera yang disebutkan terakhir yaitu rambut yang sehat, jatuh dan tidak mengembang merupakan pilihan yang banyak diminati oleh wanita. Akan tetapi, permasalahan seringkali muncul ketika rambut dalam keadaan kering, atau menjadi kering karena diakibatkan beberapa hal seperti polusi dan penanganan rambut yang salah.

Pada umumnya rambut yang mengembang diakibatkan karena rambut dalam keadaan kering. Ada beberapa penyebab mengapa rambut menjadi kering. Diantaranya adalah karena sering terkena sinar matahari langsung, atau kurangnya nutrisi dan vitamin yang diberikan untuk rambut.

Berikut adalah beberapa tips agar rambut tidak mengembang:

1. Hindari sinar matahari langsung

Sinar matahari yang panas terutama pada siang hari dapat menyebabkan rambut menjadi kering, selain menyebabkan rambut menjadi kering berjemur di bawah sinar matahari menyebabkan rambut menjadi kehilangan kelembabannya dan tidak sehat. Oleh karena itu, lindungi rambut anda bila anda beraktivitas di luar ruangan, hal ini akan menjaga rambut tetap sehat dan lembab sehingga tidak akan mengembang.

2. Terlalu Sering Menggunakan Hair Dryer

Sering menggunakan hair dryer setelah mandi atau atau menyetel hair dryer pada suhu tinggi untuk mempercepat pengeringan rambut, serta mengacak-acak rambut saat menggunakan hair dryer dapat menyebabkan rambut menjadi mengembang.

Agar rambut tidak mengembang, terutama setelah mandi, gunakan handuk untuk mengeringkan rambut. Tetapi jangan digosok-gosokan melainkan hanya di tepuk-tepuk saja, luangkan lebih banyak waktu agar rambut dapat mengeringkan dengan alami.

3. Terlalu Sering Memakai Catok

Mencatok rambut agar terlihat lurus dan jatuh jika terlalu sering di lakukan dapat menyebabkan rambut menjadi rusak, kering, bahkan bercabang.

Catok yang terlalu panas dapat mengakibatkan rambut menjadi stres kehilangan kelembaban dan menyebabkannya menjadi mengembang.

4. Jangan Potong Rambut Terlalu Pendek

Memotong rambut terlalu pendek dapat mengakibatkan rambut mengembang pada bagian bawahnya, hal ini karena tidak ada beban yang menyebabkan rambut menjadi lebih berat dan jatuh.

5. Mengeringkan Rambut Dari Ujung

Mulai mengeringkan rambut dari ujungnya setelah mandi dapat menyebabkan rambut menjadi mengembang. Jika anda ingin rambut anda tidak mengembang ketika kering, anda harus melakukan hal sebaliknya untuk mengeringkan rambut, yaitu, dengan mulai mengeringkan rambut yang basah dari atas ke bawah, atau dari pangkal rambut menuju ujung rambut. Hal ini dapat menghindarkan rambut anda menjadi mengembang ketika kering.

6. Penuhi Asupan Nutrisi Dan Vitamin

Tidak terpenuhinya nutrisi dan vitamin bagi rambut dapat menyebabkan rambut menjadi kehilangan keseimbangan, kering dan rusak. Bahkan dapat mengakibatkan kerontokan.

Oleh sebab itu penting sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin bagi rambut baik melalui cream vitamin atau melalui makanan yang anda konsumsi.

Demikianlah beberapa tips yang bisa anda terapkan sendiri pada rambut anda agar tidak mengembang.