7 Cara Membersihkan Telinga yang Benar

7 Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Tren.Co.Id – Kerap kali memang kita akan merasa terganggu dengan adanya kotoran yang ada pada telinga, baik kotoran yang cair ataupun padat. Kotoran yang ada dalam telinga adalah campuran dari lemak dan keringat bahkan ada juga cairan yang diproduksi oleh daerah di sepertiga bagia terluang lubang telinga. Cairan inilah bermanfaat menjaga telinga agar tetap bersih dan berfungsi dengan baik.

Agar telinga senantiasa sehat, inilah 7 cara membersihkan telinga yang baik dan benar.

  1. Gunakan cairan baby oil demi membersihkan daun telinga.
  2. Jangan membersihkan telinga terlalu dalam sebab ini berbahaya untuk kesehatan telinga anda. Anda cukup membersihkan telinga sebatas daun telinga saja dengan menggunakan cotton bud sebab cotton bud sengaja diperuntukkan untuk daun telinga. Apabila anda membersihkan telinga terlalu dalam maka ini akan mendorong kotoran dan membuatnya semakin menumpuk.
  3. Apabila ada kotoran yang mengeras pada bagian dalam telinga, maka gunakan cotton bud yang ujungnya seperti kain dan jangan gunakan pembersih yang berbahan logam.
  4. Apabila telinga terasa gatal, anda dapat menggunakan kapas yang telah direndam air panas kemudian gunakanlah demi membersihkan bagian telinga yang gatal tersebut.
  5. Jangan terlalu sering membersihkan telinga, sebab kelejar minyak yang ada dalam daun telinga akan mengeluarkan minyak atau cairan berlebih. Minyak ini bermanfaat mencegah masuknya kotoran ke dalam telinga anda.
  6. Apabila kotoran dirasa sangat menganggu maka segeralah periksa ke dokter THT demi mendapatkan perawatan yang tepat.
  7. Cara terakhir untuk membersihkan telinga dapat dengan memasukkan air ke telinga saat mandi, kemudian miringkan kepala agar air tersebut keluar. Dan pastikan juga bahwa air yang digunakan adalah air hangat, jangan terlalu dingin atau panas sebab dapat menyebabkan vertigo.

Itulah cara membersihkan telinga dengan benar, anda sebaiknya menjaga kebersihan telinga anda dan jangan terlalu sering membersihkannya sebab dapat merusak produksi mekanisme yang ada pada telinga.

bersihkan telinga benar, membersikan telinga, Telinga