7 Cara Memperkenalkan MPASI Pada Bayi

7 Cara Memperkenalkan MPASI Pada Bayi

Tren.Co.Id – MPASI atau makanan pendamping air susu ibu memang harus diberikan kepada bayi saat bayi memasuki usia 6 bulanan. Tujuannya agar memenuhi kebutuhan bayi tersebut diluar kebutuhan ASI agar bayi tumbuh dengan sehat.

Bayi yang sudah siap menerima MPASI akan memberikan beberapa sinyal yakni:

  • Kepala sudah mampu berdiri tegak
  • Bayi sudah mampu mendorong makanan keluar dari mulut menggunakan lidah
  • Duduk sambil bersandar sebab saat makan bayi harus duduk agar membantu proses menelan makanan
  • Bayi terlihat masih kelaparan padahal sudah diberik ASI
  • Bayi tertarik dengan makanan

Lantas bagaimana cara memperkenalkan MPASI pada bayi? Yuk lihat ulasan di bawah ini.

  1. Beri sedikit demi sedikit

Pastikan ketika anda memberikan MPASI pada bayi, berikanlah sedikit demi sedikit dan disesuaikan juga dengan perkembangan bayi. Apabila memaksakan maka ini akan tidak baik dengan pencernaan bayi sebab mereka belum terbiasa dengan teksturnya.

Misalnya untuk beberapa minggu MPASI diberi 1 kali dalam sehari maka selanjutnya pemberian akan bertambah dan bertahap untuk lebih meningkat misalnya 3 kali dalam sehari. Perhatikan juga dengan kebutuhan dan perkembangan bayi.

Pemberian tepung beras baik untuk bayi karena meminimalisir resiko alergi pada bayi. Pastikan tepung beras yang anda berikan untuk buah hati berasal dari beras pecah kulit yang memiliki kandungan gizi berlimpah.

  1. Pengenalan buah dan sayuran

Untuk pengenalan buah sebaiknya dinomorduakan dan yang diutamakan adalah pengenalan sayuran terlebih dahulu. Mengapa demikian? Sebab buah mengandung rasa manis, ditakutkan ketika dikenalkan buah terlebih dahulu bayi akan menolak diberi makan sayur karena rasanya yang hambar.

  1. Hindari pemberian garam dan gula

Pastikan anda membuat MPASI dengan rasa murni bahan alami tanpa perasa garam ataupun gula. Hal ini dikareakan bayi usia 6 sampai 7 bulan memiliki fungsi ginjal yang belum sempurna. Jika ingin menambahkan rasa pada MPASI anda dapat memberikannya di usia 2 tahunan.

  1. Jangan banyak campuran makanan

Terkadang orang tua menganggap memberikan berbagai macam makanan dapat membuat anak sehat. Memang benar, tapi pastikan saat memberi MPASI jangan terlalu banyak jenis makanan cukup satu per satu saja. Ada beberapa bayi yang alergi dengan campuran berbagai macam makanan.

  1. Hindari makanan pemicu alergi

Ada beberapa bahan makanan yang dapat memicu alergi seperti telur, kacang, susu dan gandum. Jika anda ingin memberi bayi telur, maka berikanlah di saat usianya memasuki 6 bulanan namun berilah yang kuning terlebih dahulu sebab yang putih dapat memicu alergi.

Sebaiknya orang tua harus pandai dan mengetahui cara memperkenalkan MPASI pada bayi.