7 Cara Mengatasi Nyeri Haid Dengan Alami | Tren.co.id

7 Cara Mengatasi Nyeri Haid Dengan Alami | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Setiap wanita subur tentunya akan memasuki siklus menstruasi setiap bulannya. Saat wanita mengalami menstruasi kebanyakan dari wanita tersebut mengalami rasa nyeri haid. Nyeri haid ini memang dialami oleh kebanyakan wanita akan tetapi jika nyeri haid sudah mengganggu aktivitas kita tentu saja ini akan menyiksa.

Nyeri haid sendiri hadir karena adanya kontraksi di dinding rahim sehingga membuat pembuluh darah terjepit dan akhirnya menyebabkan rasa nyeri. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana mengatasi nyeri haid ini dengan alami.

7 Cara Mengatasi Nyeri Haid

Apabila anda haid maka jagalah istirahat anda dengan tidur selama 7 jam di malam hari dan tidur 1 jam di siang hari. Tidur yang cukup akan membuat anda lebih rileks dan bugar sehingga dapat mengurangi rasa nyeri.

  1. Jangan gunakan pakaian ketat

Pakaian ketat tentu saja akan mengganggu kenyamanan kita, apalagi di saat masa-masa menstruasi dan nyeri haid. Gunakanlah pakaian longgar dan nyaman ketika anda haid sehingga tidak akan mengganggu anda saat beraktifitas.

Mandi air hangat juga dapat menjadi salah satu upaya dalam mengatasi nyeri haid. Air hangat dapat membuat tubuh menjad lebih rileks dan perlahan nyeri akan berkurang.

  1. Mengonsumsi obat penyeri haid

Mengonsumsi obat penyeri haid dapat meredakan rasa nyeri karena adanya kandungan analgesik. Minum obat ini sesuai aturan dan jangan berlebihan. Selain itu, kami tidak menyarankan anda untuk mengonsumsi obat ini secara berlebihan.

Jamu tradisional memang sudah dipercaya berkhasiat dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Salah satunya dapat membantu dalam meredakan nyeri haid. Cara membuat minuman ini juga tidaklah sulit anda dapat membeli yang sudah jadi di toko jamu kemudian seduh dan diminum.

Cobalah kompres hangat bagian perut anda jika mengalami kram atau nyeri. Kompres ini dapat dilakukan dengan cara menempelkan botol atau kantong karet yang berisi air hangat di dalamnya. Selain itu bisa menggunakan handuk hangat yang dikompreskan di bagian perut.

  1. Konsumsi makanan yang kaya zat besi

Saat mensruasi banyak wanita yang mengalami menstruasi atau kekurangan sel darah merah. Oleh sebab itulah mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dapat membantu wanita yang sedang datang bulan. Makanan yang tinggi zat besi seperti bayam, daun singkong, kacang-kacangan dan masih banyak lagi. Selain itu, wanita haid dianjurkan mengonsumsi buah-buahan dan perbanyak minum air putih agar membantu tubuh untuk lebih segar dan terhindar dari dehidrasi.

Itulah 7 cara yang dapat anda lakukan dalam meredakan nyeri haid. Semoga informasi 7 cara alami mengatasi haid ini membantu dan bermanfaat.