7 Cara Merawat Muka agar Tetap Mempesona dan Bercahaya

7 Cara Merawat Muka agar Tetap Mempesona dan Bercahaya

Bagi kaum hawa, tampil cantik merupakan sebuah keharusan. Namun sayang banyak diantara mereka menggunakan cara merawat muka yang kurang tepat dengan memilih jalan pintas, menggunakan kosmetik dari berbagai merk yang beredar di pasaran tanpa mengetahui efek samping penggunaan kosmetik jangka panjang.

Sebanyak 8 dari 10 wanita Indonesia menggunakan cara ini. Mengakibatkan timbulnya flek hitam pada kulit wajah akibat timbunan zat merkuri pada wajah. Di sisi lain menggunakan kosmetik sintetis yang terlalu sering akan mengakibatkan pori-pori wajah tertutup sehingga akan muncul jerawat dan komedo.

Berikut akan disajikan informasi mengenai penggunaan bahan alami untuk merawat muka, agar wajah tetap sehat, lembut dan bercahaya. Selamat membaca!

Tips Merawat Muka dengan Bahan dan Cara Alami

Seperti yang telah tersebut di atas, bahwa cara merawat muka alami merupakan cara terbaik dalam melaksanakan perawatan wajah. Berikut beberapa tips alami merawat wajah yang dapat Anda laksanakan:

1. Rajin untuk membasuh muka.

Bagi seorang muslimah, berwudlu adalah cara terbaik untuk merawat kulit wajah agar setiap kotoran yang menempel pada wajah dapat di bersihkan. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Muslim: Rasulullah memberikan perumpamaan kepada para sahabat, “jika di depan kalian terdapat lima sungai yang mengalir kemudian kalian mandi pada setiap sungai, apakah masih terdapat kotoran yang menempel pada tubuh kalian?”. Para sahabat menjawab, “tidak wahai rasulullah, tubuh kami menjadi bersih” lalu Rasulullah bersabda “itulah perumpamaan kalian berwudhu kemudian kalian melaksanakan shalat niscaya tubuh kalian bersih dari kotoran kemudian Allah SWT mengampuni setiap dosa-dosa kalian”.

Konsep inipun juga bermanfaat tidak hanya bagi muslimah saja, namun dapat dipraktekkan oleh siapapun. Berwudlu dan membasuh muka dengan air mengalir sebanyak 5 kali setiap harinya secara otomatis akan membersihkan wajah dari debu yang menempel dan kotoran yang dapat menjadi penyebab komedo dan jerawat.

2. Mengkonsumsi buah dan sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur secara continue dan konsisten dalam jumlah tertentu diyakini dapat membantu dalam perawatan kulit wajah agar tetap sehat. Sayur dan buah sangat kaya akan kandungan mineral dan vitamin bagi kulit.

Pilihlah buah yang segar dan lebih baik lagi jika organik bebas pestisida dan pengawet yang dapat mengancam kesehatan tubuh. Carilah informasi mengenai kombinasi buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan kulit wajah.

3. Masker alami dari buah dan sayur

Selain dikonsumsi, dan bermanfaat dari dalam. Masker alami dari buah dan sayuran sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan membantu dalam merawat muka. Tidak ada efek samping yang dapa terjadi dengan menggunakan bahan alami. Berikut beberapa buah yang bagus dan sayuran dapat di jadikan sebagai masker wajah alami:

  • Masker Buah Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang sangat baik digunakan sebagai masker wajah. Di dalam buah alpukat terkandung zat biotin dan vitamin E yang sangat baik untuk perbaikan sel dan perawatan sel kulit muka. Alpukat juga memiliki kandungan lemak baik yang menutrisi muka, menjadikannya cerah, lembut dan bersinar.

Caranya sangat mudah untuk membuat masker buah alpukat. Tumbuk atau haluskan 3 sendok daging buah alpukat matang. Anda dapat pula menambahkan madu atau yogurt. Kemudian oleskan dan ratakan pada kulit wajah. Diamkan 15 – 20 menit kemudian bilas dengan air bersih mengalir. Laksanakan minimal satu minggu sekali.

  • Masker Bengkoang

Bengkoang merupakan umbi yang memiliki rasa segar dan tinggi serat ketika dikonsumsi sebagai makanan. Bengkoang telah terkenal juga akan efek perawatannya kepada kulit muka yang memutihkan dan mencerahkan. Di dalam bengkoang terdapat kandungan vitamin B1 dan C, serta kandungan antioksidan lain yang dapat memutihkan, menghilangkan noda jerawat serta mencegah penuaan dini.

Seperti halnya membuat masker buah alpukat, Anda dapat menumbuk halus atau melembutkan daging umbi bengkoang tanpa menambahkan bahan lain. Oleskan dan ratakan pada wajah, diamkan 15 – 20 menit dan kemudian bilas dengan air bersih mengalir.

  • Masker Mentimun

Mentimun juga merupakan jenis sayuran yang telah dikenal akan manfaatnya bagi kulit wajah. Terutama jika Anda memiliki jenis kulit wajah yang kering atau cenderung normal. Kandungan air dalam timun membantu melembabkan kulit wajah, merilekskan dan menyegarkan kulit wajah.

Cukup mudah, hanya dengan menempelkan langsung potongan mentimun pada kulit wajah. Diamkan 15 – 20 menit. Jika Anda menginginkan hasil yang lebih optimal, Anda dapat menghaluskan mentimun dan menempelkan pada kulit wajah seperti halnya masker alpukat dan masker bengkoang. Bilas dengan air bersih dan mengalir setelah melaksanakan perawatan dengan masker timun ini.

4. Perbanyak Asupan Air Putih

Jika Anda menginginkan kulit yang bersih dan terawat dengan baik, penuhi asupan air putih harian Anda dengan optimal. Sekurangnya 8 gelas per hari atau sebanyak 1.5 liter air per hari harus Anda konsumsi. Tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan akan nampak dari kulit wajah yang kusam, kering dan bersisik.

5. Menghindari Begadang

Begadang atau terbangun di malam hari untuk mengerjakan tugas maupun bekerja sangat memiliki efek samping yang kurang baik bagi kesehatan kulit wajah. Begadang akan mempengaruhi kadar kolagen dalam tubuh seorang manusia. Sekurangnya penuhi jam tidur malam yang berkualitas sebanyak 7 hingga 9 jam per hari.

Kolagen akan diproduksi pada seseorang yang memiliki kualitas tidur malam yang baik dan optimal. Kolagen akan mencegah timbulnya kerutan pada sudut mata dan sudut bibir. Merawat kecantikan kulit muka Anda dengan lebih baik. Tidur malam yang baik juga mempengaruhi aliran darah yang menuju muka.

Begadang juga menyebabkan mata bengkak, muncul lingkaran hitam di bawah mata. Menghindari begadang merupakan cara merawat muka yang paling tepat untuk dilaksanakan dan dirutinkan. Jika Anda susah tidur, ketahui cara cepat tidur efektif yang wajib Anda coba.

6. Menghindari Kafein

Kafein terkandung tidak hanya pada kopi. Teh dan soda merupakan minuman yang banyak mengandung kafein. Kafein memiliki efek diuretik, mengikat air dan mengeluarkannya dari tubuh melalui proses berkemih. Terlalu banyak konsumsi kafein dapat mempengaruhi elastistas dan kelembapan kulit wajah Anda. Menyebabkan kulit akan kering dan nampak kurang bercahaya.

Batasan konsumsi kafein per hari adalah sebesar 400 mg. Di dalam satu gelas kopi terkandung kafein sebesar 50 – 200 mg dan di dalam teh terkandung kafein sebesar 25 – 100 mg. Beralihlah pada teh herbal untuk menghindari kandungan kafein yang berlebihan jika Anda pecinta teh.

7. Berolahraga

Berolahraga dan memiliki aktivitas fisik sekurangnya 30 menit per hari dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Termasuk pada area muka dan kulit wajah. Sirkulasi peredaran darah yang baik akan nampak dari kulit wajah yang berseri dan merona merah.

Keringat yang keluar karena berolahraga juga merupakan cara yang amat baik, untuk mengeluarkan debu dan kotoran yang tersumbat pada folikel kulit. Membebaskan diri Anda dari kulit kusam dan tidak sedap di pandang.

Telah tersaji informasi mengenai beberapa cara merawat muka dengan alami yang ringan dilaksanakan serta rendah dari efek samping. Beralihlah kepada pola hidup sehat dengan kembali ke alam, menggunakan produk natural, serta rajin membersihkan wajah dengan baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga Anda segera mendapatkan wajah cerah dan merona seperti yang Anda idamkan.