7 Fakta Unik Tentang Gula yang Mungkin Tidak Anda Ketahui | Tren.co.id

7 Fakta Unik Tentang Gula yang Mungkin Tidak Anda Ketahui | Tren.co.id

Tren.co.id – Siapa yang tidak menyukai butiran-butiran manis yang satu ini? Kamu pasti sering dong merasakan lezatnya gula, bahkan ini merupakan salah satu barang yang wajib ada di dapur.

Tapi tidak semua orang tau beberapa fakta menarik dari gula, yuk kita cari tau apa fakta menarik tentang gula yang tidak banyak orang tau tersebut.

1. Gula ditemukan ada didalam serat tanaman, dari hasil proses fotosintesis seperti saat gula terbentuk secara alami berada didalam buah-buahan, susu, biji-bijian, dan juga sayuran.

2.Gula diolah dengan konsentrasi yang tinggi dengan menggunakan dua tanaman agar nantinya terbentuk menjadi krisal.

3. Karbohidrat dapat diperoleh dari tiga sumber yang berbeda dari gula, serat, dan pati. Selain itu karbohidrat diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia dan hewan.

4. Kebanyakan orang berfikir gula memiliki kalori yang sangat tinggi, akan tetapi faktanya tidak demikian. Didalam satu sendok teh gula, hanya terdapat sekitar 15 kalori, yang bisa dengan mudahnya dibakar hanya dengan bergerak ringan, atau berinteraksi dengan orang lain.

5. Gula tidak membuat berat badan seseorang naik, karena kalorinya hanya 15 kalori. Jadi, mengonsumsi terlalu banyak kalori sebenarnya berasal dari daging bukan gula, karena mengonsumsi daginglah akan membuat berat badan naik.

6. Tebu adalah spesies rumput asli dari Asia Tenggara. Ada 37 spesies yang berbeda pada tebu.

7. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa, tebu merupakan tanaman terbesar di dunia, karena ada sekitar 168 juta ton gula yang diproduksi di seluruh dunia padatahun 2011. Produksi gula di dunia 80% dari tebu dan sisanya dari buah pit.