7 Tanda Ini Bukti Anda Menderita Pilek Mawar | Tren.co.id

7 Tanda Ini Bukti Anda Menderita Pilek Mawar | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Pernahkan anda mendengar isilah pilek mawar? Sebenarnya kondisi ini telah dikenal sejak abad ke 19 yang diistilahkan juga dengan demam hay. Kondisi ini adalah gejala dari alergi yang disebabkan oleh serbuk bunga, terutama bunga mawar.

baca juga : Menangislah Untuk Terhindar Dari Berbagai Macam Penyakit

Awalnya juga orang mengaitkan bahwa pilek mawar ini disebabkan karena rhintis musiman, namun kedokteran telah membantah dan menyebutkan bahwa kondisi ini juga disebabkan oleh kondisi lingkungan yang tidak bersih. Misalnya karena tungau debu, bulu binatang, asap rokok dan masih banyak lagi. Penasaran? berikut ini adalah 7 tanda bahwa anda menderita pilek mawar.

  1. Ingus bewarna terang dan hidung gatal

Ingus akan bewarna terang dan encer ini karena pembengkakan membrane pada hidung yang biasanya sebentar-bentar mengalir dan kemudian membuat hidung terasa gatal.

Karena hidung terasa gatal, inilah yang membuat hidung terbiasa mengendus-ngendus seperti keliinci demi menghilangkan rasa tidak nyaman pada hidung.

Penderita penyakit ini akan sering bersin terutama di pagi hari.

  1. Mata gatal dan hidung tersumbat

Mata akan terasa gatal dan hidung tersumbat yang disebabkan karena adanya inflamasi atau pembengkakan di lapisan hidung. Karena hidung terasa tersumbat maka akan terbiasa bernafas melalui mulut dan ini menyebabkan tenggorokan kering.

  1. Penurunan indra penciuman dan perasa

Sudah pasti akan mengalami kondisi penurunan indra penciuman karena hidung sudah tersumbat dan indra perasa juga menurun karena, kebiasaan bernafas dari mulut membuat lidah kesulitan untuk merasa.

Wajah akan terlihat sedikit lebih lonjong yang artinya gejala bahwa mengidap alergi yang disebabkan oleh sumbatan yang terlalu lama.

Di area mata dan hidung akan mengalami bercak gelap, ini karena adanya masalah aliran darah yang terjadi di area mata dan hidung.

baca juga : 5 Cara Tradisional Untuk Mengatasi Penyakit Sariawan

Jika anda mengalami 7 gejala di atas secara terus-menerus dan susah untuk dihilangkan maka segera bersihkan lingkungan sekitar anda, seperti kamar tidur ataupun rumah. Apabila memang sudah menganggu anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui cara pengobatannya.