7 Tips Menjalankan Puasa Untuk Ibu Hamil Muda

7 Tips Menjalankan Puasa Untuk Ibu Hamil Muda

Tren.Co.Id – Masih banyak pertanyaan yang kerap diajukan oleh ibu hamil muda, apalagi jika kehamilan ini adalah kehamilan pertama baginya. Mereka kerap bingung ingin menjalankan ibadah puasa tapi cenderung cemas dengan janin yang ada dikandungannya.

Sebenarnya menjalankan ibadah puasa tidak akan berpengaruh kepada kesehatan janin, namun yang menjadi masalah ialah apakah ibu yang mengandung tersebut kuat untuk menjalankan ibadah puasa. Apabila ibu merasa mampu dan sehat menjalankannya maka lakukanlah puasa, tapi jika tidak dalam kondisi yang fit maka sebaiknya jangan berpuasa.

baca juga : Cepat Haus Saat Puasa? Hindari Makanan Ini

Untuk ibu yang ingin menjalani ibadah puasa harus pintar-pintar mengatur asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin selama berpuasa. Adapun asupan yang tidak boleh ditinggalkan ialah seperti makanan empat sehat lima sempuran, minum vitamin dan minuma air putih yang banyak saat berbuka sampai dengan sahur. Tapi untuk yang menderita diebetes, hipertensi, dehidrasi dan pendaharan sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu jika ingin menjalankan ibadah puasa.

Berikut ini, akan kami berikan tips untuk ibu hamil muda dalam menjalankan puasa selama bulan ramadhan.

  1. Pastikan selalu mengonsumsi vitamin yang mengandung zat besi dan vitamin C
  2. Ketika sahur makanlah makanan yang mengandung lemak dan protein dengan porsi cukup, seperti daging yang mengandung kalori dan protein tinggi.
  3. Perbanyak minum air putih dengan 2 liter dan minum segelas susu hangat.
  4. Usahakan untuk tidak makan dan minum manis dengan terlalu banyak sebab akan membuat tubuh lemas di siang hari sebab insulin akan meningkat.
  5. Jangan minum dingin saat berbuka karena akan memperberat kerja lambung, oleh karena itu minumlah dengan yang hangat seperti teh manis demi mengembalikan kadar gula yang turun.
  6. Makan dengan porsi kecil terlebih dahulu, sebab makan terlalu banyak untuk sekali waktu akan membuat tubuh menjadi lemas.
  7. Apabila setelah shalat tarawih anda masih merasa lapar, maka makanlah secukupnya dengan asupan nutrisi yang seimbang.

baca juga : 6 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Demikan 7 tips yang dapat anda lakukan selama menjalankan puasa, apabila selama puasa mengalami muntah-muntah, keringat dingin, gemetas dan pusing maka batalkan puasa anda.