8 Tips Menggunakan Lensa Kontak Dengan Aman

8 Tips Menggunakan Lensa Kontak Dengan Aman

Tren.Co.Id – Bagi sebagian orang yang memiliki keterbatasan atau memiliki masalah dengan penglihatan biasanya akan lebih menggunakan lensa kontak daripada menggunakan kaca mata. Menggunakan lensa kontak terkesan lebih simpel dan ini akan lebih membantu daripada menggunakan kaca mata. Akan tetapi, penggunaan lensa kontak dalam jangka waktu yang lama akan membahayakan kesehatan mata.

baca juga : 3 Tips Mengatasi Katarak Dengan Bahan Tradisional

Walaupun penggunaan lensa kontak digunakan untuk membantu dalam masalah kesehatan, akan tetapi banyak juga yang menggunakan lensa kontak sebagai fashion. Menggunakan lensa kontak untuk keperluan fashion sebaiknya kontak lensa harus selalu dirawat agar nantinya tidak membahayakan kesehatan mata. Oleh sebab itu, inilah 8 tips sehat yang harus anda lakukan demi menjaga kontak lensa dengan baik.

8 Tips Mengaja Lensa Kontak Mata

Asam rokok ternyata dapat mempengaruhi kesehatan mata saat anda menggunakan lensa kontak. Asap rokok dapat membuat penglihatan menjadi kabur, buram bahkan dapat membuat mata menjadi sakit.

  1. Lepaskan lensa saat berenang

Sangat tidak nyaman bukan jika menggunakan lensa kontak saat anda berenang? Oleh sebab itu, lepaskan lensa kontak mata anda saat berenang demi menjaga kesehatan mata anda.

Jangan terlalu lama dalam menggunakan lensa kontak misalnya sepanjang hari menggunakan lensa kontak, padahal hal ini sangat tidak dianjurkan. Penggunaan lensa kontak sepanjang hari beresiko meningkatkan ulkus korne yang akhirnya dapat menyebabkan kebutaan.

Selalu jaga kebersihan tangan anda jika hendak memasang kontak lensa. Cobalah untuk mencuci tangan dengan bersih sebelum anda menyentuh lensa.

  1. Jangan sampai mata mengering

Menggunakan lensa kontak ternyata dapat membatasi oksigen masuk ke mata. Apabila oksigen masuk secara terbatas di area mata anda inilah yang membuat menjadi kering. Saran kami cobalah untuk meneteskan air khusus mata ke lensa kontak anda. Hal ini bermanfaat dalam membasahi permukaan lensa anda dan jangan terlalu sering berkedip saat menggunakan lensa.

Penggunaan obat-obatan yang bersamaan dengan lensa kontak ternyata sangat berbahaya untuk kesehatan mata. Misalnya obat tersebut adalah penggunaan pil KB yang dapat meningkatkan hormon estrogen.

Polusi udara seperti mata yang terkena debu, asap atau bulu hewan dapat membuat mata menjadi iritasi karena menempelnya debu tersebut di lensa kontak. Apabila anda beraktifitas di luar ruangan sebaiknya gunakanlah kaca mata demi melindungi mata anda agar tidak iritasi.

Hindarilah riasan seperti eyeliner atau maskara saat anda menggunakan kontak lensa karena ini dapat membuat mata menjadi iritasi. Apabila ingin menggunakan riasan maka anda dapat menggunakan bahan riasan berbasis hypoalergenic dan lotion karena ini aman untuk mata.

baca juga : 5 Cara Ini Bisa Memanjangkan Bulu Mata

Itulah 8 tips atau cara menjaga kontak lensa agar aman dan tidak membahayakan..