9 Tips Penderita Maag Dalam Menjalankan Puasa

9 Tips Penderita Maag Dalam Menjalankan Puasa

Tren.Co.Id – Bulan puasa sebentar lagi akan datang, umat muslim menyambut bulan yang berkah ini dengan bahagia. Namun, untuk anda penderita penyakit maag atau dipersia tentunya penyakit yang anda derita ini akan menganggu anda dan kebanyakan membuat para penderitanya takut untuk menjalankan puasa. Padahal dengan menjalankan puasa sebenarnya dapat membuat penyakit maag sembuh, mengapa demikian? Ini karena menjalankan puasa tentunya akan membuat pola makan kita menjadi teratur, selain itu makanan berlemak dan minuman kafein otomatis juga akan menurun.

baca juga : 4 Dampak Terlalu Lama di Depan Komputer

Walaupun awalnya ketika minggu pertama penderita maag mungkin saja akan merasa tidak nyaman. Namun dengan adanya perubahan tersebut, lama-kelamaan tubuh akan terbiasa sehingga penyakit maag pun akan sembuh. Oleh karena itu, di kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai 9 tips dalam menjalankan ibadah puasa untuk anda penderita penyakit maag.

Konsultasi ke dokter

Sebelumnya untuk anda penderita maag akut ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai penyakit anda. Dokter nantinya akan memberikan resep yang dapat anda konsumsi saat berbuka atau sahur demi menunjang kesembuhan anda.

Buka dengan yang manis

Usahakan buka dengan kurma, buah manis ataupun teh manis serta hindari berbuka dengan nasi atau makanan berat sekaligus.

Hindari makanan mengandung gas

Sebaiknya saat berbuka puasa hindarilah makanan yang mengandung gas seperti durian, nangka dan lainnya.

Hindari kafein

Usahakan juga untuk menghindari kafein yang dapat merangsang sekresi asam lambung seperti kopi atau minuman lainnya.

Hindari makanan yang lengket

Makanan lengket mengandung pati seperti beras ketan, dodol, mie dan lainnya sebaiknya juga harus dihindari.

Hindari makanan berlemak

Makanan berlemak ternyata dapat memicu terjadinya maag, makanan berlemak juga harus dihindari seperti gorengan, keju dan coklat.

Hindari makanan beraroma tajam

Makanan yang beraroma tajam dapat membuat iritas pada dinding lambung. Makanan beraroma tajam yaitu seperti soda, merica dan bumbu-bumbu lainnya yang beraroma tajam.

Konsumsi pepaya dan wortel

Dengan mengonsumsi pepaya dan wortel dapat membantu mencerna makanan dengan baik terutama untuk makanan berlemak, ini karena pepaya dan wortel mengandung enzim.

Berbuka dengan tepat waktu

Jangan menunda waktu buka atau sahur ini agar membuat pola makan anda tertata dengan baik dan energi tubuh akan lebih tahan lama. selain itu, jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan yang bergizi.

baca juga : 7 Tips Kesehatan Untuk Musim Panas

Melakukan puasa adalah kewajiban umat muslim, jangan jadikan penyakit maag anda sebagai alasan.  Dengan menjalakan ibadah puasa ternyata juga dapat membuat maag anda sembuh.