Acer Tengah Kembangkan Headset Virtual Reality High-end | Tren.co.id

Acer Tengah Kembangkan Headset Virtual Reality High-end | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Acer yang tampak diam-diam saja, ternyata produsen Taiwan kini tengah megembangkan headset Virtual Rality (VR) dengan tingkat high-end.

Dalam pengembangannya, diketahui Acer bekerjasama dengan studio game Starbreeze. Dan bahkan konsep headset VR ini nantinya sama seperti yang ditawarkan Gear VR dari Samsung. Dikabarkan perangkat jenis ini akan dinamai StarVR. Sementara Starbreeze memang telah meluncurkan StarVR dari tahun lalu.

Jadi, apa yang membuat perangkat ini dimasukkan dalam kategori high-end? Yah, hal itu karena StarVR ini dapat memberikan pengalaman yang lebih baik daripada headset VR lain yang dipasarkan. Sudut pandang perangkat ini mencapai 210 derajat yang jadi daya tariknya, berbeda jauh dengan HTC Vive dan Oculus Rift yang memiliki sudut pandang di angka 110 derajat.

Sudut pandang 210 derajat tersebut membuat penggunanya dapat merasakan pandangan yang sangat luas yang seolah melihat pemandangan melalui matanya sendiri.

Pada awalnya StarVR ini dikembarkan oleh Starbreeze sendiri, tetapi developer game menunjuk Acer untuk ikut andil dalam sektor hardware ini. Dapat dibilang bahwa Starbreeze yang lebih banyak berkutat pada sisi softwarenya daripada Acer.

Uniknya, ekspansi Acer pada segmen VR akan mempengaruhi beberapa produk garapannya, Acer akan mengembangkan laptop dan computer desktopnya yang dapat mendukung pemakainan headset VR.

Untuk pengembang game, Starbreeze pun tak mau kalah. Tak dapat dipungkiri adanya kemungkinan aka nada pengembangan game yang secara penuh mendukung penggunaan StarVR.