Adanya Penipuan Google Hapus 247 Aplikasi di Play Store

Adanya Penipuan Google Hapus 247 Aplikasi di Play Store

Adanya Penipuan Google Hapus 247 Aplikasi di Play Store

Tren.co.id – Menurut beberapa laporan, google akan melakukan penghapusan sejumlah 200 aplikasi di play store, toko aplikasi miliknya sendiri. Latar belakang adanya pemberantasan sekitar ratusan aplikasi ini karena munculnya sebuah struktur penipuan berkedok aplikasi mobile yang dikendalikan oleh Mo Pub, platform iklan yang dikelola oleh twitter.

Adanya Pengklaiman aplikasi ini Karena ditemukan ad fraud atau bahasa canggihnya modus iklan penipuan. Berdasarkan beberapa berita, disebutkan penghasilan mereka telah mencapai lebih dari U$$ 250 ribu sedangkan jika dikurs ke rupiah sekitar 3,4 miliar.

Penginvestigasi struktur ad fraud juga telah dilakukan oleh berbagai analis dari perusahan Keamanan Sentrant Security. Disebutkan, ada sekitar 247 aplikasi yang mempunyai konten ad fraud dan keadaannya bisa diunduh secara bebas serta gratis pada google play store.

Seperti dikutip dari International Business Times, pada perangkat android sudah terinstal aplikasi-aplikasi ini dengan jumlah sebanyak 1.193.665 kali. Makanya google akan cepat memberantas aplikasi-aplikasi itu, namun aplikasi yang telah terinstal pada perangkat android tidak berkemungkinan untuk menyebar infeksi menurut Hadi Shiravi,Co-Founder Sentrant Security.

Kemudian penjelasan tambahankan oleh Shiravi, disebutkan jika aplikasi-aplikasi yang berisi konten ad fraud tersebut telah mempunyai struktur sangat canggih. Bahkan dikira, modus penipuan ini sudah sampai dilakukan pengembangannya oleh perusahaan-perusahaan aplikasi mobile seperti Academ Media.

Nah,demikian alasan google menghapus aplikasi-aplikasi sebanyak itu di play store agar pengguna terhindar dari penipuan yang berbasis iklan sehingga keamanan pengguna terjamin.