Ahok Siapkan Rencana Saat Hujan Besar Mengguyuri Jakarta

Ahok Siapkan Rencana Saat Hujan Besar Mengguyuri Jakarta

Ahok Siapkan Rencana Saat Hujan Besar Mengguyuri Jakarta

Tren.Co.Id – Persiapan Pemprov DKI Jakarta tengah mengahadapi kemungkinannya terjadi musim hujan pada tahun ini. Mengenai saluran air akan dipastikan tidak ada sampah yang tersumbat, jadi saluran air dapat befungsi seperti biasanya.

Gubernur Ahok atau dengan nama lengkapnya Basuki Tjahaja Purnama berkata, pada Juli 2016 nanti sudah dapat merasakan efek El Nino di tahun 2015 lalu. Musim hujan akan menjadi lebih panjang bila El Nino diikuti La Nina.

Ahok menjelaskan bahwa di Jakarta pada bulan Juli mungkin ada hujan yang sangat banyak hingga bulan Februari di tahun berikutnya.

Ahok kembali menuturkan, Ibu kota memiliki waktu 5 bulan untuk memeriksa saluran air sampai benar-benar terbebas dari sampah. Dari selokan sampai saluran penghubung ke sungai harus dipastikan terhubung sehingga air dapat mengalir dengan baik.

“Kalau enggak pasti tenggelam. Kami juga membangun tanggul di Utara, tapi selesainya pertengahan 2017, Rp 3,8 miliar,” ungkap Ahok.

Dia kembali berkata, sekarang yang harus dikerjakan hanya tinggal eksekusi saja karena semua kajian atas permasalahan saluran air suda ada.

Ia berkata, seluruh sungai merupakan yang paling banyak tergenang air dikarnakan banyaknya rumah-rumah di pinggiran sungai, saat Utara laut tidak pasang. Ia berharap dengan hal ini tidak akan terjadi tanggul jebol dan latuharhari ambruk. Bila kedua masalah tersebut tidak terjadi, Jakarta akan baik-baik saja saat hujan datang.