Ajang Bergensi American Idol Terancam Bangkrut | Tren.co.id

Ajang Bergensi American Idol Terancam Bangkrut | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Beberapa waktu lalu, pihak produser dalam acara televisi paling populer di AS, American Idol mengajukan kebangkrutannya di New York.

Tentu saja hal itu membuat public terkejut. Bagaimana tidak? Ajang pencarian bakat yang sudah berlansung selama 15 tahun itu dan malah menjadi fenomena dengan banyak penyanyi kelas atas keluaran dari ajang tersebut.

Core entertainment Inc. dan sejumlah hampir 50 perusahaan terafiliasi seperti Clown Car Productions dan All Girl Productions meminta perlindungan di pengadilan dari kreditur. Jumlah utang mereka itu sebesar US$400 juta atau senilai dengan Pr 5,2 triliun.

Sebelumnya, perusahaan itu sudah berusaha membangun kembali dominasi dunia reality show yang sempat diraih pada musim awal American Idol yang memiliki berbagai penawaran.

Seperti yang dikutip pada Bloomberg, President Core Entertainment Peter Hurwitz mengatakan, pada pengembangan dan produksi konten baru itu belum memberi keuntungan.

Padahal American Idol sudah mengeluarkan para penyanyi yang berkualitas seperti chris Daughtry, Carrie Underwood, dan Kelly Clarkson. Dengan acara tersebut juga membuat nama salah seorang juri, Simon Cowell, dan Ryan Seacrest, orang yang menjadi pembawa acara melambungankan nama mereka.

Karena kepopuleran acara itu malah membuat ajang tersebut ditayangkan dua kali dalam sepekan pada stasiun televise Fox. Bahkan American Idol pun memecahkan rekor yakni menjadi program televise top alias nomor satu di AS selama delapan tahun berturu-turut.

Pada tahun 2016 ini, rata-rata jumlah penonton pada acara populer tersebut mencapai 30 ribu orang setiap ditayangkannya. Sementara pada tahun 2006, American Idol memperoleh jumlah penonton sebanyak 30,3 juta penonton di setiap tayangnya.