Alasan Korea / K- Wave sedang Hype Akhir-Akhir ini!!

Alasan Korea / K- Wave sedang Hype Akhir-Akhir ini!!

Alasan Korea / K- Wave sedang Hype Akhir-Akhir ini!!

Abad 21 dikenal sebagai era globalisasi. Globalisasi digambarkan sebagai proses pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa menghindar dengan yang namanya globalisasi. Pengaruh globalisasi telah menjalar ke segala aspek kehidupan. Persaingan ketat terjadi pada berbagai bidang seperti perdagangan barang dan jasa, sumber daya manusia dan alam, ilmu pengetahuan dan teknologi serta pada bidang pendidikan.

Fenomena yang terjadi saat ini adalah fenomena korean wave yang terjadi di seluruh penjuru dunia. Korean wave sering disebut dengan Hallyu. Hallyu berasal dari negara Korea Selatan yang telah berhasil menyihir dunia dengan budaya mereka dan menghadirkan corak yang berbeda dan khas. K-Wave telah menjadikan Korea Selatan sebagai negara yang tidak dapat di pandang sebelah mata karena negara ini patut diperhitungkan kedudukannya di kancah internasional.

Pada tahun 1950-an, Korea Selatan termasuk ke dalam negara termiskin di Asia. Tetapi kini Korea Selatan menjadi 10 negara yang terkuat di dunia. Selain itu, Korea Selatan telah mengambil peringkat ke-3 yang berhasil menyebarkan budayanya ke seluruh penjuru dunia. Korea Selatan kuat dalam bidang ekonominya, ia telah mendapat peringkat 9 di dunia dalam pemasaran film dan menjadi negara yang paling besar belanjanya dalam pertunjukan dan film.

Saat ini, K-Wave mulai menghantui kerajaan inggris dan Australia. Di Indonesia, berkembangnya Korean Pop Culture dimulai dengan adanya drama seri Korea terlaris pada tahun 2002 di stasiun televisi swasta yaitu “Endless Love” . Ini menjadi awal pembuka yang baik, hal tersebut terbukti dengan ditayangkannya drama seri korea yang lain. selain itu, kita bisa melihat maraknya pemutaran film dan juga sinetron korea di televisi. Ini merupakan suatu pencapaian sukses yang berhasil diraih oleh industri perfilman korea.

Setelah kesuksesan drama korea, pemerintah Korea Selatan juga mulai mewabah ke industri musik. Korean Music (K-Pop) telah memperkenalkan boyband dan girlband yang telah mencapai popularitas hingga ke penjuru dunia. Di indonesia sendiri, fans k-pop telah mewabah, baik di di dunia maya maupun di dunia nyata.

Pengaruh Korean Pop culture dalam kehidupan masyarakat Indonesia meliputi segala bidang, mulai dari musik dan drama hingga fashion style, hair style. Hal ini merupakan dampak dari media internet yang sebagian besar digunakan remaja Indonesia. Tidak hanya itu, fenomena ini juga telah menyebabkan pecintanya memburu segala hal yang berkaitan dengan Korea, hal ini tampak jelas dari meningkatnya masyarakat Indonesia yang ingin mempelajari bahasa dan budaya Korea. tidak hanya itu, banyak masyarakat indonesia juga menjadi pecinta kuliner masakan korea.

Berdasarkan fenomena itulah, dapat diketahui bahwa Korean Wave sedang berjalan maju di Indonesia. Memiliki kelasnya sendiri dan punya banyak penggemar. Tetapi yang pasti, Korean Wave sudah mempengaruhi aspek kehidupan penggemarnya.

Gelombang K-Pop yang sangat kuat di Indonesia haruslah menjadi pemacu kita untuk melakukan banyak perubahan. Korean pop culture pada dasarnya sangat menarik untuk dipelajari, ada semangat perubahan terus menerus didalamnya. Tapi tetap tidak meninggalkan budaya tradisional. Hal ini menjadi menarik untuk dipelajari, bahwa ketika kita terpengaruh dengan kebudayaan lain, kita masih mempunya filter kebudayaan sendiri. Supaya antara tradisi dan modernitas dapat berjalan secara seimbang.