Amien Rais Menilai MEA Jadi Ancaman di Indonesia

Amien Rais Menilai MEA Jadi Ancaman di Indonesia

sumber image : kompas.com

Amien Rais Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional mengkhawatirkan bergabungnya republik Indonesia dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) justru bisa-bisa akan menjadi blunder.

Dia mengoreksi, Indonesia di anggap belum siap bersaing dalam keadaan pasar bebas dengan negara-negara di Asia Tenggara.

“Nantinya Indonesia terancam, jadi kemungkinan sangat besar nanti pekerja-pekerja kita lebih banyak akan menganggur.bisa bisa juga Petani kita enggak bisa jual padi karena tentunya padi Vietnam lebih murah,” tukas Amien, di Senayan, Jakarta, Selasa (5/1/2016).

Bukan hanya masalah persaingan, Amien Rais juga sangat menyoroti masalah moral. Menurutnya, beberapa negara ASEAN memiliki nilai moral yang tidak sesuai dengan adat dan budaya Indonesia.

Dia khawatir kebiasaan yang dianggap tidak baik oleh negara-negara tersebut masuk ke negara kita dikarenakan MEA. Kebiasaan tidak baik tersebut misalnya menganggap enteng pergi ke prostitusi dan itu diibaratkan pergi ke warung makan. Ia takut nantinya negara kita makin kisruh masalah moral.

Amien yang juga mantan Ketua MPR ini berharap, Presiden Jokowi melakukan persiapan yang cukup matang untuk menghadapi tantangan di dalam MEA ini.

Menurutnya, Jokowi harus duduk satu meja bersama seluruh komponen bangsa, mulai dari petinggi TNI, Polri, tokoh agama hingga organisasi massa untuk sejenak berbicara tentang berbagai tantangan dan mencari solusi.

Amien juga menambahkan bahwa nantinya kita akan lemah dengan negara-negara yang dianggap kuat misalnya Thailand dan Filipina.