Arti penting pendidikan karakter sejak dini

Arti penting pendidikan karakter sejak dini

Arti penting pendidikan karakter sejak dini

Istilah pendidikan karakter sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita dalam ruang lingkupnya di dunia pendidikan. Apa hakikat pendidikan karakter sebenarnya?, pendidikan karakter adalah sebuah ilmu dalam dunia pendidikan yang memberikan pemahaman mengenai nilai – nilai karakter yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari – hari warga negara. Dengan adanya pendidikan karakter diharapkan anak dapat berkontribusi secara aktif dalam lingkungan masyarakat, inilah yang melatarbelakangi paham yang mengatakan bahwa pendidikan karakter harus diberikan kepada anak sejak dini.

Apa saja Arti penting pendidikan karakter sejak dini bagi anak?, karakter sendiri memiliki definisi yang berbeda, ada yang mengatakan karakter sebagai penilaian subyektif terhadap moral serta mental anak, ada juga yang mengatakan bahwa karakter merupakan mental yang berkaitan erat dengan aspek intelektual seseorang. Memang definisi mengenai karakter berbeda – beda, namun pada prinsipnya pendidikan karakter bagi anak sangat penting diantaranya sebagai penanaman nilai – nilai kepribadian pada anak yang mencakup nilai dan norma yang berkembang di masyarakat.

Nilai dan norma ini juga bervariasi diantaranya norma sosial, norma agama, norma adat, norma kesopanan, dan norma lainnya yang penting untuk membentuk kepribadian yang positif pada diri anak. Dengan demikian anak dapat mewujudkan karakter yang positif agar ia dapat berkontribusi secara aktif dalam lingkungan masyarakat. Pendidikan karakter merupakan sendi dan pilar utama yang harus ditanamkan sejak dini karena sendi ini yang menopang dan mempengaruhi seperti apa perkembangan mental dan moral anak ke depannya. Jika pendidikan karakter yang dituangkan pada sikap dan mental anak tidak berhasil maka perkembangan moral anak juga tidak akan berjalan semestinya. Oleh karenanya pendidikan karakter memiliki kedudukan yang penting dalam pendidikan anak yang dilakukan sejak usia dini.

Tempat yang efektif membentuk karakter anak adalah keluarga dikarenakan keluarga merupakan pihak awal yang memberikan dasar pada anak, disamping itu sebagian besar waktu anak dihabiskan dalam lingkungan keluarga oleh karenanya dalam membentuk karakter anak keluarga merupakan sarana yang sangat dominan dan memberikan pengaruh yang besar kepada perilaku anak selain pengaruh dari lingkungan.

Itulah sedikit ulasan mengenai Arti penting pendidikan karakter sejak dini yang wajib diberikan orang tua untuk membentuk perilaku dan kepribadian anak. Semoga kita sadar bahwa anak harus dibekali dengan pendidikan karakter sejak usia dini. Semoga informasi ini bermanfaat.