Asal Usul Memilukan Terciptanya Bear Story

Asal Usul Memilukan Terciptanya Bear Story

Asal Usul Memilukan Terciptanya Bear Story

Tren.co.id – Bear story merupakan film animasi pendek terbaik pada ajang Oscars di tahun ini. Ia berhasil menyelip film unggulan yang lain, seperti Animasi Pixar, Sanjay’s Super Team. Kisah pada film ini menceritakan perjuangan sosok ayah seorang beruang yang memutuskan kembali pulang untuk keluargannya.

Di kenyataan, bear story adalah cerminan dari kisah pedih sutradaranya, Gabriel Osorio yang mesti pisah dengan kakeknya ketika pemerintahan Dictator Augusto Pinochet.

“Cerita kartun ni berangkat dari kenyataan. Di tahun 1973, kakek saya dipenjarakan sekitar dua tahun, lalu diisolasi ke luar negeri dan beliau berjuang jauh dari keluarga yang tinggal di Chili” ungkap Gabriel Osorio seperti yang kami kutip dari laman time.

“Saya sudah tidak dapat lagi melihat sosok kakek sejak saya kecil, walau tak mati namun tetap tak ada dalam kehidupan saya” jelasnya.

Sejak masa itu, Presiden Chili Salvadorallende mampu digulingkan melalui kudeta dari dewan militer. Kemudian, tahta pemerintahan dipegang oleh jendral augusto Pinochet. Ia mererapkan peraturan militer yang sangat ketat di Chili. Pada masa itu, berpuluh-puluh tokoh politik berada di sayap kiri, dikerahkan agar menyerahkan diri dan sejumlah 3000 orang dipenjarakan.

BACA JUGA  Film Batman v Superman Kurang Ramah Terhadap Anak Balita

Berada di bawah kekuasaan Pinochet, orang-orang yang kebanyakan berbicara atau kebanyakan bertanya langsung dimusnahkan dari Chili, seperti kakek Gabriel Osorio. Pinochet memerintah di Chili sekitar 17 tahun. Ia lalu dipenjara karena kejahatannya di perang tahun 1998. Kemudian ia wafat tahun 2006.

“Bear Story menyisakan pertanyaan yang tak terjawabkan. Apa yang akan terjadi terhadap keluarga beruang? Dimanakah mereka? Pertanyaan seperti itulah serupa dengan yang ditanyakan keluarga mereka (keluarga yang diasingkan) hingga hari ini tak tahu dimanakah orang tercinta mereka berada. Saya berharap pertanyaan ini tak lagi ditanyakan,” tutup Osorio

BACA JUGA  5 Keuntungan Mengencani Wanita Setipe Hermione