Bahaya & Manfaat Mengonsumsi Telur Ayam Setengah Matang

Bahaya & Manfaat Mengonsumsi Telur Ayam Setengah Matang

Tren.co.id – Banyak orang yang percaya bahwa dengan mengonsumsi telur ayam setengah matang banyak sekali manfaatnya. Misalnya ayam setengah matang ini baik sekali dikonsumsi karena membuat tubuh menjadi bugar dan lebih sehat. Namun masih banyak yang meragukan hal tersebut, oleh sebab itu kami akan membahas mengenai bahaya dan manfaat mengonsumsi telur ayam setengah matang.

Sebagian orang juga percaya bahwa mengonsumsi telur setengah matang bermanfaat untuk anak-anak karena mampu membantu perkembangan otak anak. Selain itu, untuk mereka yang bekerja berat dipercaya dengan mengonsumsi telur setengah matang mampu membuat mereka kembali fit.

Kandungan Gizi Pada Telur Setengah Matang

Telur setengah matang biasanya langsung dikonsumsi atau dapat juga dicampurkan dengan jamu atau susu. Di bawah ini merupakan beberapa kandungan yang ada di dalam telur setengah matang dan manfaat dari kandungan tersebut.

  1. Telur setengah matang mengandung besi, fosfor, lemak dan asam amino yang baik sekali untuk pertumbuhan tubuh.
  2. Mengandung protein yang baik untuk tubuh
  3. Vitamin D sebagai pembantu proses pembentukan tulang
  4. Vitamin E mampu menangkal radikal bebas
  5. Vitamin B12, B6 dan asam folat yang baik untuk pembentukan syaraf
  6. Selenium yang bermanfaat pembentukan kulitas sperma.

Banyaknya kandungan yang ada di dalam telur setengah matang membuat olahan satu ini banyak dikonsumsi orang.

Bahaya Mengonsumsi Telur Setengah Matang

Jika telur yang anda konsumsi tidak sehat maka ini malah beresiko kurang baik untuk kesehatan tubuh. Bakteri pada telur yang tidak sehat mampu membuat tubuh mengalami berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu pastikan bahwa telur yang anda gunakan adalah telur layak konsumsi.

Perhatikan cangkang telur, pastikan itu bersih dan tidka retak. Selain itu, posisi kuning telurnya harus berada pada posisi tengah bila diteropong, dicelupkan di air juga tidak membuat telur menjadi terapung.

Jangan terlalu sering dalam mengonsumsi telur setengah matang karena kuning telur pada telur setengah matang kaya kandungan kolestrol. Anda dapat mengonsumsinya paling banyak 4 butir telur seminggu. Selain itu dengan mengonsumsi telur setengah matang berlebihan mampu menyebabkan penyakit jantung koroner di usia 40 tahun ke atas.

manfaat telur, telur setengah matang