Balita Susah Makan? Ini 5 Solusinya | Tren.co.id

Balita Susah Makan? Ini 5 Solusinya | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Saat anak berusia 2 tahun biasanya mulai memiliki keinginan sendiri, keinginan yang dimiliki bayi tersebut terkadang membuat kesal orang tua. Salah satunya bayi akan menolak makanan yang diberi orang tua apabila makanan tersebut tidak ia sukai. Padahal makanan yang kita berikan adalah makanan sehat, oleh sebab itu kali ini akan kami berikan 5 tips dalam mengatasi masalah balita susah makan.

baca juga : Bayi Sungsang ? Ini 4 Cara Mengatasinya

  1. Ciptakan menu makanan yang berbeda

Jika anak balita menolak makanan yang sudah disiapkan, maka sebaiknya tanyakan langsung tentang makanan apa yang sedang diinginkannya.Anak balita sering merasa cepat bosan pada segala hal dan tidak terkecuali pada makanan. Agar balita tertarik dengan makanan yang Anda siapkan, cobalah untuk membuat sesuatu yang baru dalam menu makanannya.Tentunya anak akan merasa penasaran terhadap menu makanan yang berbeda daripada biasanya. Ibu akan dituntut untuk lebih kreatif dalam menciptakan ide menu masakan yang menarik dan disukai oleh balita.

Anak yang susah maka biasanya disebabkan oleh kekenyangan karena cemilan. Oleh karena itu kurangi asuoan cemilan yang diberikan kepada anak anda. namun, jika cemilan sudah dikurangi namun anak masih enggan makan, maka kemungkinan ada yang salah dengan balita anda.

  1. Sama menu dengan orang tua

Kebanyakan orang tua akan melarang atau membatasi anak untuk mengonsumsi makanan yang dikonsumsi oleh orang tuanya. Padahal anak ingin merasakan makanan tersebut, ini karena prilaku anak yang masih suka meniru kebiasaan orang tua atau pengasuhnya. Oleh karena itu, sesekali tidak masalah memberikan jenis makanan yang anda konsumsi kepada balita anda namun perhatikan jenis makanan dan porsi yang sehat dan tidak berlebihan.

Memberikan anak jus buah memang dipercaya dapat menyehatkan anak. Namun pemberian jus buah secara berlebih mampu membuat anak malas makan. Ini karena kandungan gula yang ada dalam jus buah mampu membuat perut bayi menjadi lebih kenyang dalam waktu yang cukup lama.

baca juga : Jika Bayi Mengalami 7 Kondisi Ini, Ibu Jangan Panik

Ini adalah tips terakhir yang harus ibu lakukan jika anak memiliki masalah malas makan. Mungkin saja balita mengalami masalah tenggorokan atau beberapa masalah lainnya.