Bayi yang Mengonsumsi Antibiotik bisa Menyebabkan Kegemukan

Bayi yang Mengonsumsi Antibiotik bisa Menyebabkan Kegemukan

Tren.Co.Id – Antibiotik ditemukan bisa memicu kenaikan pada berat badan apabila dipakai terlalu sering. Penelitian baru menemukan jika pemberian resep antibiotik 3x atau bahkan lebih sebelum anak mencapai usia 2 tahun bisa meningkatkan resiko terjadinya obesitas.

Peneliti dari studi tersebut, Frank Irving Scott, memang tak mendorong penolakan untuk pemberian dari antiobiotik. Akan tetapi, ia juga menghimbau betapa pentingnya peran dari orang tua untuk menghindari pemberian antibiotik yang tidak sesuai dengan resep dokter atau sewajarnya.

Para peneliti yang mempublikasikan hasil studi mereka di jurnal Gastroenterology, melakukan suatu bentuk penelitian kohor yang ada di Inggris guna menilai hubungan natara paparan antibiotik sebelum usia 2 tahun serta obesitas yang terjadi dalam usia 4 tahun.

Anak-anak yang telah terpapar oleh antibiotik itu sendiri akan mengalami peningkatan sebesar 25% relatif dan 1.2% absolut dalam peningkatan resiko obesitas pada anak yang masih berusia dini. Resiko terkuat muncul apabila anak pernah diberikan resep antibiotik yang berulang, sebanyak 3x atau bahkan lebih.

“Hasil dari suatu pekerjaan kami mendukung teori jika antibiotik bisa semakin mengubah komposisi serta fungsi dari mikrobioma usus, sehingga anak bisa menjadi obesitas seperti yang bisa dilihat pada ternak dan hewan model.” pungkas Dr Frank Irving Scott.