Beberapa Fakta Tentang Foto Selfie yang mengejutkan

Beberapa Fakta Tentang Foto Selfie yang mengejutkan

Beberapa Fakta Tentang Foto Selfie yang mengejutkan

Beberapa fakta tentang foto selfie – Menurut dari kosakata terpopuler versi Oxford Dictionary pada tahun 2013, mengartikan kata selfie sebagai suatu foto diri sendiri yang sengaja diambil dengan menggunakan kamera digital, kamera smartphone ataupun webcam yang nantinya akan diunggah ke berbagai media sosial di dunia maya.

Tren foto selfie memang telah menjamur di seluruh belahan dunia bukan hanya di Indonesia, ini disebabkan karena perkembangan dunia digital yang sangat pesat. Hobi memotret diri sendiri bukan hanya digemari oleh kaum-kaum remaja saja, tapi orang-orang ternama-pun juga gemar berfoto selfie. Salah satu contohnya yakni mantan ibu negara kita dahulu yaitu Ibu Hj. Ani Yudhoyono yang sengaja menyediakan alat tongsis atau tongkat narsis demi menunjang kegiata selfie-nya.

Sebenarnya apa yang menyebabkan seseorang gemar berfoto selfie? Di bawah ini akan saya berikan penjelasan yang telah kami rangkum dari berbagai sumber mengenai fakta tentang foto selfie.
Beberapa fakta tentang foto selfie yang sedikit mengejutkan

Adanya obsesi untuk melihat diri sendiri
Salah satu penjelasan datang dari ahli ilmu saraf, yaitu James Kilner dari University College London. Beliau mengungkapkan bahwa dalam keseharian kita, kita umumnya lebih sering memperhatikan dan menginterpretasikan wajah dan ekspresi wajah orang lain daripada wajah sendiri.
Ini membuat pengetahuan kita tentang wajah dan ekspresi wajah pada diri sendiri sangat minim. Maka karena hal inilah yang membuat beberapa orang gemar melakukan foto selfie, bahkan berkali-kali yang gunanya untuk melihat sendiri bagaimana jenis-jenis ekspresi pada wajah. Kemudian dari berbagai macam ekspresi tersebut akan ada salah satu ekspresi yang sangat disukai lalu mendorong keinginan untuk dilihatkan ke orang lain dengan cara mengunduhnya ke media sosial.

Sengaja untuk diakui oleh orang lain Beberapa fakta tentang foto selfie selanjutnya yaitu sengaja untuk diakui oleh orang lain. Menurut Dr Mariann Hardey, salah satu pengajar di Durham University dan merupakan salah satu spesialisasi digital sosial media mengungkapakan, bahwa selfie merupakan salah satu revolusi yang sengaja dilakukan seseorang untuk diakui oleh orang lain, dengan cara memajang atau sengaja memamerkan foto-foto tersebut ke beberapa jejaring sosial atau media lainnya. Dan beliau juga menambahkan dengan memamerkan foto-foto tersebut, maka orang bersangkutan ingin terlihat sebagai sosok pribadi yang bernilai, terlebih jika ada yang berkomentar bagus tentang foto tersebut.

Ungkapan ini juga dibenarkan oleh beberapa peneliti lainnya, yang mengungkapkan bahwa selfie merupakan salah satu bentuk dari ingin diakui atau dapat juga dibilang sebagai seseorang yang kurang percaya diri terhadap pribadi diri sendiri.

Tapi, dari beberapa fakta di atas banyak dibantah oleh penggemar foto selfie. Mereka menyanggah bahwa kegemaran mereka melakukan foto selfie sebagai sarana untuk mengekplorasi diri sendiri. Selain itu, dengan melihat anggota tubuhnya sendiri itu merupakan suatu cara yang tentunya sangat berguna untuk dokumen pribadi bukan karena bermaksud ingin narsis atau sejenisnya.
Demikianlah penjelasan beberapa fakta tentang foto selfie, anda gemar ber-selfie? Yang manakah tergolong pribadi anda? Apapun jenis penjelasannya, tentu saja itu semua tergantung dari pribadi masing-masing tentang apa yang menjadi motif dari kegemaran seseorang melakukan foto selfie tersebut.