Beberapa Kuliner Asli Indonesia yang Wajib Kamu Santap

Beberapa Kuliner Asli Indonesia yang Wajib Kamu Santap

Beberapa Kuliner Asli Indonesia yang Wajib Kamu Santap

Pada artikel ini Tren.co.id akan memberikan informasi mengenai beberapa makanan asli Indonesia yang tidak bisa disantap atau tidak dijual selain di negara Indonesia ini. Ya, kuliner asli Indonesia memang seringkali terlihat begitu menggoda. Apalagi bagi anda yang sedang berada di tanah rantau tentunya sangat merindukan berbagai kuliner asli milik Indonesia ini. Tidak hanya anda sebagai orang asli Indonesia saja, berbagai wisatawan asing dari berbagai negara juga ternyata suka menyantap berbagai kuliner asli Indonesia ini. Mau tau apa saja makanan tersebut? Langsung saja ini dia beberapa kuliner asli Indonesia

Beberapa Kuliner Asli Indonesia yang Wajib Kamu Santap

1. Soto
Soto merupakan salah sati dari sekian banyak makanan khas negara Indonesia tercinta. Soto disajikan dengan kuah serta diisi dengan daging, berbagai jenis bumbu, dan juga sayuran. Uniknya soto milik Indonesia mempunyai berbagai jenis, sesuai pada daerah asal soto tersebut. Misalnya saja yang disebut sebagai soto kudus karena memang asli berasal dari kota Kudus. Selain itu ada juga soto Betawi, soto Jakarta, dan beberapa soto lainnya. Soto ini mempunyai kuah yang kental dengan warna kekuningan. Untuk daging yang digunakan, soto bisa dijadikan dengan beberapa jenis daging seperti kambing, sapi, dan ayam. Soto juga diracik dengan bawang goreng dan daun bawang, disertakan pula kerupuk emping yang membuatnya bertambah lezat.

2. Rendang
Rendang adalah menu makanan yang menjadikan daging sebagai bahan dasarnya. Daging tersebut diolah dengan berbagaijenis aneka rempah seperti kunyit, ketumbar, dan berbagai bumbu dapur lainnya. Rendang ini merupakan menu khas dari Padang yang sangat legit dan kaya akan rasa. Rasa rendang cenderung asin, kuahnya pekat dan menempel karena pengaruh bumbu yang digunakan untuk rendang memang banyak daging rendang yang lembut akan meninggalkan rasa lezat pada lidah ketika disantap dengan nasi putih hangat.

3. Pempek
Pempek merupakan makanan khas daerah Palembang. Pempek terbuat dari ikan yang menjadi bahan dasarnya. Ikan diolah dengan tepung menjadi beraneka bentuk. Berbagai jenis pempek ialah lenjer, kapal selam, dan sebagainya. Biasanya pempek akan lebih enak disantap dengan kuah encer yang terbuat dari gula dan saus cuka. Ada pula tambahan acar dan mie yang menambah kelezatan dan kesegaran menyantapnya.

4. Gudeg
Menus yang satu ini merupakan makanan khas dari Indonesia yang tidak boleh anda lewatkan. Ialah gudek khas Jogja yang merupakan padanan dari sayur nangka muda dimasak bersama santan serta gula merah. Makanan ini juga disajikan dengan berbagai pelengkapnya, beberapa diantaranya ialah ayam goreng, telur rebus, tempe goreng, dan kerupuk kulit sapi. Gudeg ini mempunyai cita rasa khas dari Jogja, yaitu rasa yang cenderung legit dan manis. Gudek akan semakin lengkap saat disantap bersama dengan nasi hangat.

Itulah tadi beberapa kuliner asli Indonesia yang wajib kamu santap, semoga bermanfaat.