Beberapa Manfaat Daun Pandan yang wajib anda ketahui

Beberapa Manfaat Daun Pandan yang wajib anda ketahui

Tren.co.id. Daun pandan terkenal dengan aroma bau yang harum, jika diremas daun pandan akan mengeluarkan aroma yang wangi. Daun pandan biasanya digunakan sebagai rempah yang berfungsi untuk member warna hijau pada makanan, dan biasanya juga digunakan untuk memberikan aroma harum pada makanan sehingga bisa membuat makanan terasa segar dan aromanya wangi. Biasanya pandan digunakan untuk membuat kolak. Jadi membuat aroma kolak menjadi lebih nikmat. Tetapi tidak aroma wanginya saja, daun pandan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini Beberapa Manfaat Daun Pandan yaitu :

1. Mengatasi Ketombe 

Daun pandan juga bisa anda gunakan untuk mengatasi ketombe, carany sangat mudah, anda harus mengambil daun pandan, lalu cuci sampai bersih. Setelah itu iris daun pandan kecil-kecil dan tumbuklah hingga halus. Kemudian anda bisa menggunakan tumbukan daun pandan pada kulit kepala anda, sehingga ketombe anda nanti akan teratasi. Lakukan 2 kali sehari secara rutin.

2. Menghitamkan Rambut

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menghitamkan rambut anda, dengan memanfaatkan daun salam anda bisa mendapatkan rambut hitam sesuai keinginan anda. Caranya adalah, ambil daun salam dan cuci hingga bersih. Rebuslah menggunakan 3 gelas air, tunggu sampai mendidih dan warna airnya hijau. Setelah mendidih biarkan air semalaman agar mengembun dan paginya campurkan dengan air perasan mengkudu matang. Kemudian anda bisa menggunakan ramuan ini untuk membasuh rambut, lakukan 1 kali setiap hari untuk hasil maksimal.

3. Pegal Linu 

Saat badan anda pegal dan sakit semua, anda bisa menggunakan daun pandan untuk mengurangi rasa pegal linunya. Caranya iris daun pandan yang sudah bersih, kemudian campurkan minyak kelapa. Aduklah hingga merata, lalu gosokkan ramuan daun pandan ke bagian tubuh anda yang pegal linu. Dengan cara ini maka pegal linu anda akan hilang.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi 

Tekanan darah tinggi bisa anda atasi menggunakan daun pandan, caranya adalah, ambillah daun pandan dan cuci ampai bersih. Kemudian rebus daun pandan menggunakan 4 gelas air hingga mendidih. Setelah mendidih biarkan sampai airnya hangat, setelah itu dapat anda minum setiap pagi dan sore agar tekanan darah anda normal kembali.

Demikianlah Beberapa Manfaat Daun Pandan, manfaatkanlah daun pandan untuk kesehatan tubuh anda. selamat mencoba dan terimakasih.