Benarkah Toshiba Akan Melakukan Pemecatan Massal?

Benarkah Toshiba Akan Melakukan Pemecatan Massal?

Benarkah Toshiba Akan Melakukan Pemecatan Massal?

Akhir-akhir ini, masyarakat dunia sempat dikejutkan dengan keputusan manajemen perusahaan elektronik asal Jepang, Toshiba, yang melakukan pengurangan karyawan. Menurut kabar dari berbagai sumber, hal tersebut merupakan dampak langsung dari ditutupnya pabrik Toshiba yang ada di Indonesia. Namun benarkan berita tersebut?

Hal tersebut kemudian dipertegas kembali oleh Human Capital Resources (HRD) dari PT Toshiba Consumer Products Indonesia, Uis Al- Qarni. Uis tidak menampik berita yang tengah beredar tersebut, bahkan ia menjelaskan jika permasalahan ini telah diumumkan sejak bulan Desember 2015 silam.

Menurut Uis, hasil sementara menunjukkan jika Toshiba akan melakukan pemutusan hubungan kerja sekitar 40 persen dari 900 karyawannya yang bekerja di bidang mesin cuci dan televisi dan keputusan tersebut rencananya akan dikeluarkan pada bulan Maret depan.

Tetapi Uis menegaskan bahwa pabrik mesin cuci dan televisi tersebut tetap beroperasi namun kini kedua pabrik tersebut telah diakuisisi oleh Skywards, sebuah perusahaan asal Hongkong.

Hal tersebut membuat kepemilikan Toshiba berpindah tangan menjadi milik Skywards. Walaupun sahamnya telah diakuisisi, namun Uis mengatakan jika tidak semua karyawannya akan di PHK sebab tak lama lagi Skywards sendiri akan meluncurkan produk-produk terbaru. Menurutnya, hingga kini masih ada perbincangan dan negosiasi yang serius antara pihak manajemen dengan karyawan guna menyelesaikan masalah tersebut.