Benarkan Susu dan Telur Dapat Picu Jerawat?

Benarkan Susu dan Telur Dapat Picu Jerawat?

Tren.Co.Id – Apakah anda gemar mengonsumsi susu dan telur? Kedua makanan ini memang sehat untuk dikonsumsi karena mengandung beberapa vitamin dan beberapa senyawa lainnya yang baik untuk tubuh manusia. oleh karena itu makanan ini menjadi salah satu makanan 4 sehat 5 sempurna. Tapi apakah anda tahu ternyata mengonsumsi telur dan susu secara berlebih dapat memicu jerawat.

baca juga : 5 Hal Menyebabkan Wajah Menjadi Gelap

Penelitian ini telah dilakukan oleh peneliti asal Amerika yang menemukan fakta bahwa makanan yang mengandung Vitamin B12 seperti ikan, telur dan susu ternyata dapat memicu jerawat. Para peneliti ini juga percaya bahwa senyawa dari vitamin ini akhirnya dapat menimbulkan bakteri, yang akhirnya senyawa ini akan menimbulkan peradangan sehingga akhirnya muncul jerawat.

Penelitian yang dipimpin oleh tim Dr. Huiyang Li dari University of California, Los Angeles ini melaporkan hasil temuan mereka di dalam Jurnal Science Translational Medicine. Mereka juga menulis bahwa interaksi bakteri patogenesis ini merupakan hal yang mengakibatkan jerawat. Selain itu, suplementasi Vitamin B12 yang ada di beberapa makanan ini akan menyebabkan perkembangan jerawat.

Untuk menyelidiknya para ilmuwan ini telah melakukan sampel pada 10 relawan yang telah diberikan suplemen Vitamin B12 dalam seminggu. Penelitian ini juga telah mengumpulkan beberapa sampel bakteri dari hidung dengan menggunakan strip pengangkat pori (deep cleansing pore strip). Selain itu, berdasarkan informasi yang berhasil dikutip dari Dailymail, konsumsi yang berlebihan pada B12 nantinya akan memiliki efek demi meningkatkan kadar senyawa inflamasi, porfirin yang dipercaya dapat merespon inflmasi yang ada di kulit dan akhirnya menimbulkan jerawat.

baca juga : Awas, Ketombe Bisa Juga Tumbuh di Wajah

Namun para peneliti juga mempertegas bahwa sebenarnya timbulnya jerawat ini sebenarnya bukan hanya dikarenakan makanan di atas. Namun juga dapat disebabkan oleh beragam faktor seperti hormon yang ada pada tubuh, yang nantinya tidak membatasi konsumsi vitamin B12. Konsumsi Vitamin B12 ini bermanfaat untuk otak dan sistem saraf serta pembentukan sel darah merah, namun kekurangan vitamin ini juga dapat menyebabkan kelelahan dan kekurangan energi.